Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2023, 14:20 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Setelah hengkang dari Dewa 19 pada tahun 1999, Ari Lasso memutuskan menjadi penyanyi solo.

Karier penyanyi solo Ari Lasso ditandai dengan dirilisnya album perdana bertajuk Sendiri Dulu yang dirilis pada tahun 2001.

Album Sendiri Dulu melahirkan sejumlah hit seperti “Misteri Illahi,” “Nelangsa,” dan “Penjaga Hati”.

Baca juga: Larang Ari Lasso Bawakan Lagunya, Piyu Padi: Kalau Tak Memberikan Manfaat Ekonomi, buat Apa

Moncernya album Sendiri Dulu turut mendongkrak karier Ari Lasso sebagai penyanyi solo hingga kini menjadikan Ari Lasso sebagai salah satu penyanyi solo ternama yang diperhitungkan.

Selama perjalananannya, lagu-lagu yang ada dalam album Ari Lasso tak ia buat sendiri, terdapat beberapa kerja kolektif yang turut melibatkan komposer atau pencipta lagu lain.

Beberapa musisi yang turut serta berkontribusi lagu bagi Ari Lasso di antaranya adalah Piyu Padi, Bimo Romeo, Bebi Romeo, dan Bongky Marcel.

Baca juga: Piyu Padi Larang Ari Lasso Bawakan Lagunya

Belakangan, Piyu Padi sebagai orang yang pernah menciptakan lagu untuk Ari Lasso melarang lagu ciptaannya untuk dinyanyikan Ari Lasso.

Piyu mengaku telah menyampaikan pelarangan ini kepada Ari Lasso secara langsung.

Menurut Piyu yang juga gitaris Padi Reborn ini, ia punya alasan kuat kenapa melarang Ari Lasso menyanyikan lagunya lagi.

Baca juga: Minta Penonton Nyalakan Flashlight Ponsel Iringi Lagu Kangen, Ari Lasso: Ini Sejarah dalam Hidup Saya

Piyu merasa lagu-lagu hit yang ia ciptakan untuk penyanyi lain tak memberikan dampak signifikan bagi dirinya secara ekonomi, termasuk Ari Lasso.

“Karena dari awal sampai sekarang, kan hasil royaltinya tak tunjukkin (ke Ari Lasso), cuma ratusan ribu, Cuma Rp 130.000, apalagi (pendapatan royalti) yang performing rights dari WAMI,” ucap Piyu Padi seperti dikutip dari kanal YouTube Ahmad Dhani Dalam Berita, Jumat (8/9/2023).

Diketahui, terdapat lagu hit yang dipopulerkan Ari Lasso merupakan ciptaan Piyu Padi. Di antaranya adalah “Penjaga Hati” dan “Jalanku Tak Panjang.”

Baca juga: Cerita Ahmad Dhani Minta Semua Penonton Pulang karena Ari Lasso Tak Kunjung Datang Saat Konser Dewa 19

Kedua lagu tersebut ada di dalam album yang pernah dirilis Ari Lasso.

Lagu “Penjaga Hati” ada di album solo perdana Ari Lasso bertajuk Sendiri Dulu yang dirilis tahun 2001, sementara lagu “Jalanku Tak Panjang” ada di dalam album kedua Ari Lasso bertajuk Keseimbangan yang dirilis tahun 2003.

Belakangan, persoalan royalti memang menjadi sorotan sejumlah seniman, baik musisi, pencipta lagu, komposer, dan lainnya.

Baca juga: Penggemar Dewa 19 Terbagi Era Ari Lasso dan Once, Ahmad Dhani: Aku Enggak Peduli, yang Penting Pas Manggung Nonton

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com