Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernapasan Anak Zaskia Adya Mecca Terpapar Polusi Udara Jakarta, Sesak Napas dan Saturasi Oksigen Turun

Kompas.com - 25/08/2023, 19:04 WIB
Andika Aditia

Penulis


KOMPAS.com – Artis peran Zaskia Adya Mecca mengabarkan kondisi terkini anak bungsunya yang pernapasannya terganggu karena paparan polusi udara Jakarta yang belakangan ini meningkat.

Zaskia Adya Mecca menyebut, tingkat polusi udara yang tinggi di Jakarta membuat anak bungsunya yang berusia tiga tahun sulit tidur.

Akhirnya kena juga anak efek dari polusi yang luar biasa di Jakarta. Kama semalem gelisah ga bisa tidur,” tulis Zaskia Adya Mecca seperti dikutip dari keterangan unggahan akun Instagram-nya, Jumat (25/8/2023).

Baca juga: Mona Ratuliu Batasi Anak-anak Main di Luar Rumah akibat Polusi Udara Jakarta

Tak tinggal diam, Zaskia Adya Mecca segera mengecek tingkat saturasi oksigen pada anak bungsunya yang sulit tidur karena sesak.

Setelah melakukan pengecekan saturasi oksigen melalui oximeter, hasilnya dalam kondisi tidak baik.

Ku cek saturasi (oksigen) bener aja 88 (persen)... walau panik tapi sudah paham bagaimana ngadepin situasinya,” kata Zaskia Adya Mecca.

Baca juga: Kesehatan Anak Sandra Dewi Terganggu karena Polusi Udara Jakarta

Akhirnya, Zaskia Adya Mecca mengambil beberapa tindakan agar kondisi pernapasan anaknya membaik.

Uap dulu, lalu 30 menit enggak naik saturasi, ku kasih oksigen sejam buat bantu Kama napas enakan.. begadang semaleman sampai pagi perlahan membaik walau belum normal,” kata istri Hanung Bramantyo ini.

Zaskia Adya Mecca melihat, langkah yang diambil pemerintah sejauh ini belum terlalu efektif.

Pemerintah ada saran buat WFH, tapi liat sendiri kan jam 2.30 pagi mostly semua orang tidur aja kualitas udara sama buruknya,” ucap Zaskia Adya Mecca.

Baca juga: Banyak Keluhan Bikin Polusi, Pabrik Pembuatan Arang Rumahan di Jaktim Ditutup

Dalam unggahannya di Instagram, Zaskia Adya Mecca mengunggah beberapa foto yang memperlihatkan kondisi anaknya, salah satunya adalah pemasangan selang oksigen.

Tak hanya itu, Zaskia Adya Mecca juga mengunggah tangkapan layar indeks kualitas udara di daerah rumahnya yang berada di Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Dalam indeks kualitas udara berdasarkan pengukuran IQ Air yang digunakan Zaskia menunjukkan rentang 165 yang sudah masuk kategori tidak sehat dengan PM (Particulate Matter) 2.5 konsentrasi 81 ug/m3.

Baca juga: Dampak Polusi Udara bagi Anak-Anak

Sementara itu, tingkat kelembapannya mencapai 75 persen dan kecepatan angin 5.5 km/jam.

Diketahui, beberapa waktu terakhir indeks kualitas udara di Jakarta dan sekitarnya menjadi sorotan lantaran acapkali menunjukkan angka yang masuk kategori tidak sehat.

Sejauh ini pemerintah telah mengambil beberapa langkah, mulai dari terapkan WFH sebanyak 50 persen untuk ASN, mengimbau Masyarakat menggunakan transportasi umum, serta mengetatkan uji emisi kendaraan bermotor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com