Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Ditelepon Sebelum Disomasi Pencipta Lagu “Cinderella”, Ian Kasela: Tapi Dia Tidak Mengakui Adanya Surat Pengalihan Hak Cipta

Kompas.com - 22/08/2023, 16:23 WIB
Andika Aditia

Penulis


KOMPAS.com – Vokalis band Radja, Ian Kasela, mengakui dirinya sempat ada komunikasi dengan pencipta lagu “Cinderella”.

Komunikasi ini, kata Ian Kasela, dilakukan via telepon sebelum akhirnya pencipta lagu “Cinderella” Rival Achmad Labbaika atau Ipay mensomasi dirinya.

“Gue pas pulang ke rumah, istri ngasih surat ada somasi, kaget gue, memang sebelum ada somasi memang dia telepon saya, gue akuin itu,” ucap Ian Kasela seperti dikutip dari kanal YouTube Seleb Oncam News, Selasa (22/8/2023).

Baca juga: Kisruh Hak Cipta Lagu “Cinderella”, Ian Kasela: Kapan Gue Bilang Itu Lagu Ciptaan Gue?

Dalam komunikasi via telepon tersebut, Ian Kasela menyebut ia membicarakan seputar hak cipta beserta atribut pencipta lagu.

Namun, Ian Kasela menyayangkan, pihak Ipay tidak mengakui isi surat pengalihan hak cipta lagu “Cinderella” yang dilakukan pada tahun 2010.

Sembari menunjukkan surat perjanjian pengalihan hak cipta lagu “Cinderella”, Ian Kasela mengaku pada saat itu semua pihak telah menyapakati, termasuk pihak Ipay.

Baca juga: Ian Kasela Jelaskan soal Lagu Cinderella dan Tanggapi Somasi Rp 20 Miliar

Tak hanya tidak mengakui via telepon, kata Ian Kasela, pihak Ipay juga mempertegas hal tersebut melalui somasi dan pernyataan saat tampil di podcast Dunia Manji milik Anji.

“Tapi dia tidak mengakui adanya surat ini (surat perjanjian pengalihan hak cipta), entah dia lupa atau sengaja saya tidak bisa menduga, diperkuatlah dengan somasi, lalu dengan tampil di podcast dia menyatakan tidak ada bersurat,” ucap Ian Kasela.

Meski demikian, Ian Kasela tak masalah dengan sikap pihak Ipay tersebut.

Baca juga: Penjelasan Ian Kasela soal Lagu Cinderella dan Hubungannya dengan Ipay

Ian Kasela hanya memberi catatan, silakan untuk membuktikan semuanya melalui proses hukum yang berlaku.

Oleh karena itu, Ian Kasela bersama band Radja dan manajemen memutuskan melaporkan pihak Ipay ke polisi.

“Enggak masalah dia mengingkari itu, tinggal masalahnya apakah dia bisa berbohong di depan hukum. Alhamdulillah LP sedang di proses, jangan sampai yang bersangkutan mangkir, nanti kan bisa dibuktikan di depan aparat berwenang,” ucap Ian Kasela sembari menunjukkan surat laporan polisi tertanggal 2 Agustus 2023.

Baca juga: Ian Kasela Klaim Sudah Kantongi Kesepakatan dengan Ipay soal Lagu Cinderella

Ian Kasela sendiri mengklaim telah melaporkan pihak-pihak yang membuat persoalan hak cipta lagu “Cinderella” menjadi bias dan melebar.

Salah satunya, pelaporan podcast Dunia Manji oleh Radja berawal dari Anji yang mengundang Rival Achmad Labbaika atau Ipay sebagai tamu dalam kontennya.

Diketahui, band Radja yang digawangi Ian Kasela, Moldy dan kawan-kawan melaporkan podcast Dunia Manji ke polisi karena kontennya dianggap mencemarkan nama baik Radja.

Baca juga: Ian Kasela Buka Suara setelah Disomasi Rp 20 Miliar karena Lagu Cinderella

Sebelumnya, pihak Ipay sendiri telah menuntut ganti rugi Rp 20 miliar ke pihak band Radja ihwal lagu “Cinderella”.

Alasannya karena pihak band Radja menyalahi kelengkapan atribut pencipta lagu “Cinderella” dan tak pernah membayar royalti kepada Ipay selaku pencipta lagu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com