Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanyi Sinead O’Connor Akhirnya Dimakamkan di Irlandia

Kompas.com - 08/08/2023, 11:06 WIB
Andika Aditia

Penulis


KOMPAS.com – Penyanyi Sinead O’Connor akhirnya dimakamkan di Dublin, Irlandia pada Selasa (8/8/2023) pagi waktu setempat.

Penggemar Sinead O’Connor, berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal dengan berbaris di sepanjang jalan tepi laut di Bray, County Wicklow, dengan prosesi pemakaman melewati rumah tempat Sinead O'Connor pernah tinggal selama 15 tahun.

Iring-iringan jenazah akan dimulai di ujung Harbour Bar Strand Road dan berlanjut ke ujung lain Strand Road, dengan mengikuti upacara penguburan pribadi.

Baca juga: Penggemar Beri Penghormatan Terakhir untuk Sinead OConnor di Lereng Bukit Irlandia Saat Pemakaman

Pernyataan yang disampaikan pihak keluarga pada 6 Agustus, mengajak penggemar untuk berbaris di pinggir laut Bray mulai pukul 10.30 pagi.

“Sinead senang tinggal di Bray dan orang-orang di dalamnya. Dengan prosesi ini, keluarganya ingin mengakui curahan cinta untuknya dari orang-orang Co Wicklow dan sekitarnya, sejak dia pergi minggu lalu untuk pergi ke tempat lain," kata pernyataan itu seperti dilansir The Independent, Selasa (8/8/2023).

Baca juga: Sinead OConnor Berencana Rilis Album Baru dan Gelar Tur Sebelum Meninggal Dunia

Para penggemar memberikan penghormatan atas warisan Sinead O'Connor sebagai penyanyi dan aktivis dengan meninggalkan bunga dan pesan di bekas rumahnya di Bray, sementara para penggemar lainnya berkumpul untuk memberikan penghormatan di beberapa lokasi yang tersebar di London, Belfast, dan Dublin.

Diketahui, Sinead O'Connor yang merupakan pelantun “Nothing Compares 2 U” ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di apartemen yang ia sewa di Brixton, London, Inggris pada 26 Juli 2023.

Baca juga: Sinead OConnor Berencana Rilis Album Baru dan Gelar Tur Sebelum Meninggal Dunia

Sinead O'Connor meninggal dunia di usia 56 tahun.

Jenazah Sinead O’Connor sendiri baru diserahkan kembali kepada keluarganya pada pekan lalu, setelah proses autopsi selesai dilakukan.

Pihak keluarga sendiri meminta privasi berkait penyebab meninggalnya Sinead O’Connor.

Kematian Sinead O'Connor pertama kali dilaporkan oleh The Irish Times.

Sebagai informasi, Sinead O’Connor mulai terkenal pada akhir 1980-an dengan album debutnya The Lion and the Cobra.

Baca juga: Jenazah Sinead OConnor Bakal Diautopsi

Sinead O'Connor menerobos industri musik pada tahun 1990 dengan hit nomor satunya berjudul "Nothing Compares 2 U", yang ditulis dan disusun oleh Prince.

Sebelum kematiannya, dia telah merilis 10 album, terakhir tahun 2014 dengan tajuk I'm Not Bossy, I'm the Boss.

Sementara itu, sangat banyak penggemar sampai rekan sesama musisi yang berduka atas meninggalnya Sinead O’Connor.

Banyak tokoh dari industri musik yang memberikan penghormatan, termasuk Garbage, Billy Corgan, Michael Stipe, Fall Out Boy, Ice-T, dan Tori Amos.

Baca juga: Sebelum Meninggal, Sinead OConnor Sempat Unggah Postingan tentang Mendiang Putranya

Penyanyi Phoebe Bridgers baru-baru ini mengungkapkan, dia mencukur kepalanya di salah satu sekolah menengah atas setelah terinspirasi Sinead O’Connor yang dikenal sebagai artis "revolusioner", sementara aktor Russell Crowe juga mengenang pertemuan kebetulannya dengan mendiang penyanyi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com