Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wregas Bhanuteja Ungkap Inspirasi di Balik Film Budi Pekerti

Kompas.com - 05/08/2023, 08:09 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Wregas Bhanuteja mengungkapkan inspirasi di balik cerita film terbarunya yang berjudul Budi Pekerti.

Cerita Budi Pekerti terinspirasi dari banyaknya kisah cyber bullying di dunia maya hanya karena sebuah video berujung viral.

"Kadang kita enggak mencoba mencari tahu kenapa mereka kok bisa berperilaku seperti itu, barangkali di rumah sedang ada beban pikiran atau di rumah sedang ada utang atau masalah keluarga," kata Wregas saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Produser Pastikan Film Budi Pekerti Tayang di Bioskop Akhir Tahun 2023

Wregas Bhanuteja mencoba mengajak para penonton merefleksikan lagi apakah tindakan merundung seseorang di media sosial adalah hal yang pantas dilakukan.

Pasalnya, banyak kasus di mana korban keviralan sebuah konten sebenarnya tak bersalah dan hanya menerima penghakimam dari publik.

"Di film ini kita mencoba merefleksikan apakah selama ini penyikapan terhadap keviralan itu adalah harus dikaji ulang dan didiskusikan ulang agar bisa membuat kehidupan yang lebih baik," ujar Wregas.

Baca juga: Film Budi Pekerti Akan Tayang Perdana di Toronto International Film Festival 2023

Budi Pekerti berkisah tentang Bu Prani, seorang guru BK yang video perselisihannya dengan pengunjung pasar berakhir viral di media sosial.

Akibat tindakannya yang dinilai tak mencerminkan pribadi seorang guru, Bu Prani dan keluarganya mendapat perundungan di media sosial atau cyber bullying.

Kesalahan-kesalahan keluarga Bu Prani dicari-cari oleh warganet sampai pekerjaannya terancam hilang.

Baca juga: Penampakan Perdana Angga Yunanda hingga Prilly Latuconsina Tampil dalam Film Budi Pekerti

Dalam film kali ini, Wregas Bhanuteja mempercayakan ceritanya kepada para pemain seperti Sha Ine Febriyanti, Dwi Sasono, Angga Yunanda, Prilly Latuconsina, Omara Esteghlal, dan Ari Lesmana.

Budi Pekerti rencananya akan dirilis ke bioskop pada akhir tahun 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com