Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Film Christopher Nolan Tanpa Bantuan CGI, Joker Ledakan Rumah Sakit sampai Bom Atom Oppenheimer

Kompas.com - 21/07/2023, 14:31 WIB
Andika Aditia

Penulis


KOMPAS.com – Sutradara Christopher Nolan kembali membuat penikmat film geleng-geleng kepala.

Bagaimana tidak, dalam film terbarunya berjudul Oppenheimer, Christopher Nolan kembali jual mahal dengan tidak menggunakan bantuan efek CGI (Computer-generated imagery).

Padahal, dalam film Oppenheimer terdapat adegan ledakan bom atom atau nuklir saat uji coba Trinity, uji coba nuklir bom atom selama operasional Proyek Manhattan yang dilakukan di Alamagordo, New Mexico pada 16 Juli 1945 oleh ilumwan J. Robert Oppenheimer selaku pencipta bom atom.

Ternyata, ini bukanlah barang baru bagi Christopher Nolan dalam membuat adegan luar biasa tanpa bantuan CGI.

Diketahui kalau Christopher Nolan memang lebih menyukai practical effects atau efek pratikal dibandingkan CGI.

Film Christopher Nolan Tanpa Bantuan CGI

The Dark Knight

Film yang tayang tahun 2008 ini begitu memukau dengan Joker yang diperankan Heath Ledger.

Dalam salah satu adegan berbahaya, terlihat Joker yang masih mengenakan seragam pegawai rumah sakit berjalan di Lorong dengan gestur sosiopat ala Joker yang khas.

Berjalan dengan santainya, Joker mulai memencet tombol remot TNT dan mulai meledakan bagian demi bagian gedung rumah sakit Gotham General Hospital.

Adegan ini semakin terasa istimewa karena Heath Ledger melakukan improvisasi yang begitu mengena, di mana seharusnya ia berjalan menjauh begitu saja, tetapi setelah keluar dari gedung rumah sakit, Heath Ledger sempat menengok ke gedung rumah sakit sebelum meledak secara keseluruhan.

Tak hanya itu, salah satu adegan tanpa CGI yang sangat ikonik di film Batman The Dark Knight ialah adegan terbaliknya truk tronton.

Adegan ini terjadi saat Joker ingin melakukan kekacauan dengan truk tronton, tapi Batman yang saat itu diperankan Christian Bale coba menghentikan aksi Joker dengan kabel baja agar truk tersebut terbalik.

Benar saja, truk tersebut terbalik dengan sempurna seolah seperti memakain efek CGI.

Kemudahan yang ditawarkan efek CGI tak membuat Christopher Nolan tergiur. Ia lebih memilih dengan mengakali mekanisme mesin truk dengan memasang piston secara terbalik.

Prosedur syuting pun dilakukan dengan sangat hati-hati, alhasil adegan berbahaya ini berhasil dan menjadi adegan bersejarah dalam dunia perfilman.

Interstellar

Film rilisan tahun 2014 ini menyajikan adegan yang memukau. Salah satu adegan yang memukau ketika Matthew McConaughey yang berperan sebagai Cooper menerabas hamparan ladang jagung bersama anak-anaknya mengejar drone yang melayang di langit.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com