Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Barbie Disebut Memiliki Pesan Feminis yang Cukup Kuat

Kompas.com - 19/07/2023, 10:17 WIB
Sania Mashabi,
Rintan Puspita Sari

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com- Film Barbie akan tayang di bioskop seluruh dunia pada 21 Juli 2023 disebut memiliki pesan feminis yang cukup kuat.

Dilansir dari People, seorang sumber yang mengetahui materi film Barbie menyebutkan bahwa sutradara film Barbie yakni Grewig memang memasukkan pengalaman feminin modern dalam ceritanya.

"Ini tentang bagaimana wanita diperlakukan dan dipandang di dunia - sampai pada tingkat yang terkadang mengejutkan," kata sumber tersebut dilansir dari People, Rabu (19/7/2023).

Hal itu, kata dia, terlihat dari adegan saat Barbie yang diperankan oleh Margot Robbie dan Ken yang diperankan Ryan Gosling keluar dari dunia Barbie.

Kemudian masuk ke dunia nyata untuk datang ke perusahaan Mattle yang sebenenarnya.

Baca juga: Protes Barbie Dibilang Seksi, Margot Robbie: Dia Boneka Plastik Tak Punya Organ Reproduksi

Pada adegan itu, film Barbie mengeksplorasi kontras antara dunia fantasi yang berpusat pada perempuan dan realitas masyarakat modern.

Di dunia nyata, Ken justru menjadi radikal oleh gagasan patriarki Amerika Serikat, sementara Barbie harus berurusan dengan tatapan dan direndahkan beberapa oknum pria.

Bagi orangtua yang berharap anaknya belajar dari film ini mungkin akan menyukai pesan feminis yang disampaikan sutradara.

Sebagai informasi, film Barbie akan tayang di Bioskop Indonesia mulai hari ini, (19/7/2023).

Film produksi Warner Bros Pictures yang telah dipublikasikan secara luas ini menampilkan Margot Robbie sebagai boneka Mattel - Barbie live-action pertama yang hadir di layar lebar sejak mainan ini dibuat pada tahun 1959.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, studio tersebut membocorkan plotnya sebagai berikut: "Hidup di Barbie Land berarti menjadi makhluk sempurna di tempat yang sempurna. Kecuali jika Anda mengalami krisis eksistensial. Atau Anda adalah seorang Ken."

Gerwig bertindak sebagai sutradara dan, bersama Noah Baumbach, menjadi penulis naskah film Barbie, yang selain dibintangi oleh Robbie juga dibintangi oleh Ryan Gosling, Simu Liu, Issa Rae, Will Ferrell, Michael Cera, dan America Ferrera. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com