Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Koma, Kondisi Ibu Oki Setiana Dewi Membaik Setelah 11 Hari Dirawat di ICU

Kompas.com - 18/07/2023, 12:01 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Oki Setiana Dewi menyampaikan kabar terbaru tentang kondisi ibunya, Yunifah Lismawati, yang sempat dirawat di ruang ICU ketika sedang menjalani ibadah haji.

Oki mengatakan, ibunya sudah 11 hari dirawat di ruang ICU.

Tak terasa 11 hari sudah Ibu berada di ICU (sejak 5 Juli 2023) . Hari-hari yang tak mudah bagi ibu dan kami dalam melaluinya,” tulis Oki Setiana Dewi pada 15 Juli 2023 dan dikutip Kompas.com pada Selasa (18/7/2023).

Baca juga: Kondisi Terkini Ibu Oki Setiana Dewi yang Dirawat di Ruang ICU

Dokter mengatakan kasus Ibu sangat sulit karena sudah berhenti nafas 7 menit , beliau koma, ditambah tulang dada yg retak karena CPR (Resusitasi jantung paru-paru),” lanjut Oki.

Oki mengatakan, dokter sempat menyarankannya untuk melakukan tindakan trakeostomi atau pembolongan leher untuk membantu ibunya lebih mudah bernafas.

Kata dokter, ibunya bisa berkemungkinan memakai alat itu seterusnya apabila sang ibu bertahan.

Baca juga: Sempat Membaik, Ibu Oki Setiana Dewi Kembali Dirawat di ICU

Dokter menyampaikan saya harus bersiap karena mungkin Ibu akan lama berada di Makkah atau bersiap akan apapun yang terjadi. Mereka tak berani menjanjikan apa-apa selain ‘Kami sudah melakukan yang kami bisa, selanjutnya kamu di tanah Haram perbanyak berdoa,’” lanjut Oki.

Oki pun berhari-hari menangis di depan Kabah dan meminta pada Allah diberikan sebuah keajaiban untuk ibunya. Tak lupa dia juga meminta doa dari seluruh sahabatnya untuk sang ibu.

Sampai akhirnya suatu keajaiban pun tiba. Kata Oki, dokter tiba-tiba melepas ventilator sang ibu dan ternyata tindakan trakeostomi tak jadi dilakukan.

Baca juga: Ibunda Oki Setiana Dewi Jatuh Sakit Jelang Wukuf dan Harus Dirawat di Madinah

Bahkan, ibunya kini sudah dibolehkan pulang dari rumah sakit.

Kemarin tiba-tiba dokter melepas ventilator Ibu, tindakan trakeostomi tak jadi dilakukan. Seseorang meminta saya untuk melakukan sujud syukur atas kebaikkan Allah ini,” tulis Oki.

Hari ini,ibu diizinkan pulang. Sebelum meninggalkan ICU, seorang perawat mengatakan, ‘Pergilah ke depan Ka’bah, bersyukurlah pada Allah. Banyak yang tak mampu bertahan, tapi ibumu adalah seorang pejuang,’” lanjut Oki.

Baca juga: Kronologis Ibu Oki Setiana Dewi Alami Delirium hingga Dirawat Saat Jalankan Ibadah Haji

Oki bersyukur ibunya bisa dapat kesempatan untuk hidup dari Allah. Ia sangat bahagia.

Oki juga mengucap terima kasih kepada seluruh tenaga medis yang membantu ibunya. Tak lupa ia berterima kasih ke ibunya karena sudah kuat.

Dia mendapatkan kesempatan hidup oleh Allah, sebuah hidup yang baru insyaaalah…kami semua sangat bahagia. Allahuakbar! Alhamdulillah. Terimakasih ya Allah..untuk kesempatan untuk Ibu melanjutkan hidupnya dan terimakasih atas pengalaman yang luar biasa ini. Alhamdulillah,” tulis Oki.

Baca juga: Jatuh Sakit dan Masih Dirawat, Ibunda Oki Setiana Dewi Akan Ikuti Safari Wukuf

Terimakasih wahai seluruh tenaga medis yang telah membantu Ibu. Terimakasih Ibu, yang sudah kuat berjuang. Terimakasih untuk semua doa dan mohon doakan terus ya.. semoga Ibu terus sehat.. dan masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk terus beramal sholih,” lanjut Oki.

Oki mengatakan, ia dan sang ibu akan segera pulang ke Tanah Air.

Dan insyaAllah kami bisa segera pulang ke Tanah Air. Amin,” tutur Oki.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Oki Setiana Dewi (@okisetianadewi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com