Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tur Konser Perpisahan Elton John Raup Rp 13 Triliun, Ukir Sejarah Tertinggi

Kompas.com - 06/07/2023, 22:44 WIB
Andika Aditia

Penulis

Sumber Billboard


KOMPAS.com – Tur konser perpisahan Elton John bertajuk Farewell Yellow Brick Road Tour mengukir rekor fantastis dalam sejarah Boxscore (rangkuman skor atas semua pertunjukan yang dimainkan di satu tempat selama tur tertentu).

Tur konser Farewell Yellow Brick Road Tour Elton John telah meraih banyak capaian sejak dimulai pada September 2018.

Tur konser Elton John itu menduduki peringkat teratas Billboard's Top Tours bulanan pada Februari 2019. Dan juga menyabet peringkat serupa di akhir tahun 2020, ditambah peringkat nomor dua pada peringkat pertengahan tahun 2023 baru-baru ini.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu I’ve Got 2 Wings - Elton John

Pada bulan Januari 2023, tur konser Elton John menjadi tur terlaris tertinggi dalam sejarah Boxscore, melewati The Divide Tour milik Ed Sheeran.

Dengan demikian, tur konser Elton John adalah tur pertama yang menghasilkan pendapatan kotor lebih dari 800 juta dolar atau setara Rp 12 triliun.

Dan sekarang, kurang dari dua minggu sebelum menyelesaikan turnya, ini adalah yang pertama melewati tonggak sejarah lainnya.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Looking Up - Elton John

Menurut angka yang dilaporkan ke Billboard Boxscore, Farewell Yellow Brick Road Tour kini telah meraup 910,4 juta dolar per 18 Juni 2023, menjadikannya tur pertama yang pernah menembus batas 900 juta dolar atau setara Rp 13,6 triliun.

Di belakang Elton John ada nama Ed Sheeran sebagai pemegang rekor sebelumnya dengan raihan 776,4 juta dolar (Rp 11,7 triliun), dan band U2 dengan U2 360 Tour dengan capaian 736,4 juta dolar (Rp 11,2 triliun).

Catatan angka tersebut memisahkan Elton John dari pesaing terdekatnya sebesar 134 juta dolar (Rp 2 triliun).

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu The Open Chord - Elton John

Pembaruan ini dipimpin oleh hasil pemasukan di tiga pertunjukan di Arena AO Manchester (44.200 tiket) dan tiga pertunjukan lainnya di Arena Utilita Birmingham (38.500 tiket).

Dengan jumlah sebanyak itu, raihan pemasukan tur konser Elton John masih sangat mungkin untuk bertambah.

Laporan baru ini mendorong total karier Elton John dalam catatan Boxscore dengan melewati 20 juta tiket, berdasarkan catatan laporan sejak dari tahun 1986. Itu mencakup 1.437 acara tajuk utama, ditambah tanggal tajuk utama bersama Billy Joel, James Taylor, dan banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com