Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologis Ibu Oki Setiana Dewi Alami Delirium hingga Dirawat Saat Jalankan Ibadah Haji

Kompas.com - 27/06/2023, 16:19 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu dari artis peran Oki Setiana Dewi, Yunifah Lismawati, mengalami delirium saat menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci, Madinah, Arab Saudi.

Kini, Yunifah dirawat Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi.

Delirium adalah penyakit gangguan mental yang disebabkan oleh perubahan cepat dalam fungsi otak, sehingga penderitanya mengalami penurunan kemampuan berpikir dan berkonsentrasi, termasuk dalam mengingat maupun fokus.

Delirium bersifat sementara dan bisa diobati.

Baca juga: Jatuh Sakit dan Masih Dirawat, Ibunda Oki Setiana Dewi Akan Ikuti Safari Wukuf

Oki Setiana Dewi menceritakan kronologis delirium yang dialami ibunya tiba-tiba saat menjalankan ibadah haji.

“Saya mau cerita ke ibu-ibu sekalian. Saya enggak tahu kenapa jam 04.00 pagi ibu menangis histeris di kamar, mudah-mudahan kamar sebelah enggak kedengaran,” kata Oki di dalam siaran langsungnnya, Senin (26/6/2023).

“Jadi di kamar saya, ibu saya nangis histeris dari jam 04.00 sampai jam 13.00 tidak berhenti. Jadi sembilan jam nangis, ngomong enggak berhenti. Apa yang dikatakan Bu ‘Surga Firdaus Surga Firdaus’,” lanjut Oki.

Baca juga: Alami Delirium, Ibu Oki Setiana Dewi Dirawat Saat Jalankan Ibadah Haji

Sambil menahan tangis bercerita ke jemaahnya, Oki mengaku kasihan melihat ibunya berbicara sendiri tidak berhenti selama sembilan jam.

“Saya ngerasa saya agak kasihan sama ibu saya karena kalau kita ngomong terus, capek ya bu. Ini enggak berhenti sampai jam 13.00 capek sembilan jam, makan enggak mau, minum enggak mau. Ngomongnya terus ‘Surga Firdaus’, dibujuk ke rumah sakit tadinya enggak mau,” ucap Oki.

Karena ibunya sudah mulai capek, akhirnya Oki membawa sang ibu ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Oki mengaku tak tahu apa yang dialami ibunya. Sebab saat perjalanan ibadah haji, ibunya terlihat baik-baik saja.

Baca juga: 2 Tahun Ramadhan Tanpa Ayah, Oki Setiana Dewi: Satu Sisi Sedih dan Satu Sisi Bersyukur

“Saya tidak terlalu tahu apa yang terjadi pada ibu saya. Padahal kemarin masih baik-baik saja, masih ngobrol biasa. Semuanya masih baik-baik saja,” ucap Oki.

Sesampainya di klinik, kata Oki, ibunya kembali ngomong melantur. Oki melihat ada banyak sekali lansia dengan kondisi yang sama seperti ibunya dirawat di sana tanpa pendamping.

Singkat cerita kata Oki, ibunya disuntikkan obat-obatan sampai tertidur.

“Nah dalam tidurnya ini saya baru ke sini jam 15.00, suami saya di sana (menjaga ibu Oki). Dalam tidurnya ibu saya bicara kalau enggak Surga Firdaus kalau enggak Al Quran bu, dua itu aja. Kayak saya ini ngafalin Al Quran, saya mau masuk Surga Firdaus,” ucap Oki.

Baca juga: Jawaban Oki Setiana Dewi Ditanya Kabar Keretakan Rumah Tangga Ria Ricis

“Ketika sudah disuntik, ibu saya menginggaunya juga begitu. Itu saja yang diulang-ulang,” lanjut Oki.

Oki kembali mengatakan, ia tak tahu apa yang terjadi pada ibunya. Ia hanya memohon didoakan agar ibunya kembali sehat.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi pada ibu saya. Insha Allah ibu saya sehat. Saya masih harus terus berhusnudzon pada Allah dan ketika saya tinggal tadi ibu saya masih tertidur dan dalam kondisi menggigau,” ucap Oki.

“Saya belum pernah mengalami ini, biasanya kalau menggigau berapa jam, nangis satu jam dua jam. Ini sembilan jam saya cukup berpikir ada apa. Tapi mudah-mudahan Allah berikan kesehatan, mungkin ini hanya drop,” tutur Oki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com