Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Doktor Nathania Karina, Konduktor Wanita di Balik Kemegahan Musik Orkestra TRUST

Kompas.com - 13/05/2023, 07:49 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) siap menggelar konser pada 13 hingga 14 Mei 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan.

Di balik konser tersebut, ada sosok sang konduktor, Doktor Nathania Karina.

Doktor Nathania Karina dikenal sebagai konduktor wanita pertama dari Indonesia yang berhasil membawa grupnya, TRUST, menggelar konser di beberapa negara di luar negeri.

Nia, sapaan akrabnya, mengaku kerap melihat stereotipe pekerjaan konduktor yang sifatnya maskulin.

Baca juga: Konser Grup Orkestra TRUST Siap Digelar, Usung Konsep Ghibli

"Saya rasa saya beruntung hidup di generasi yang terbuka. Memang stereotipe-nya masih ada dan tak terhindarkan bahwa ini profesi yang sangat maskulin. Jadi orang kadang kaget, 'oh konduktornya cewek'," kata Nia saat ditemui di sela latihan di Ciputra Artpreneur, Jumat (12/5/2023).

Meski begitu, Nia ingin membuat satu perubahan agar musik orkestra lebih dikenal luas di Indonesia dan konduktor perempuan bukanlah hal yang tidak wajar.

"Saya rasa itu, berani membuat perubahan, sesuatu yang baik, sebenarnya bukan berniat aneh, tapi maksudnya memberikan power bahwa ini bisa buat semua orang. Jadi buat mereka yang bermimpi buat konduktor mungkin sudah ada contohnya," lanjut Nia.

Baca juga: Ketika Tiarani Savitri, Anak Mulan Jameela, Jadi Creative Director Konser Orkestra Dewa 19…

Nia ingin mematahkan stereotipe musik orkestra yang dianggap kuno dan mahal selama ini.

"Kami ingin kenalkan orkestra kepada setiap orang. Orkestra ini sering dianggap sebagai satu pertunjukan yang agak bosan, kelas tertentu, mahal, itu ingin banget kami patahkan. Padahal orkestra bisa banget loh, untuk young people juga," tutur Nia.

Nia bersyukur, musik orkestra semakin diterima dan dikenal luas di Indonesia dari waktu ke waktu.

"Saya rasa ini benchmark yang menggembirakan bukan cuma TRUST orkestra, tapi semua teman-teman orkestra di Indonesia. Berarti selama disiapkan dengan baik, market baik, harusnya kita bisa mengubah wajah orkestra yang selama ini dianggap kuno," ujar Nia.

Baca juga: Visa Ditolak, Orkestra Kenamaan Ukraina Tak Jadi Main di Inggris

Sementara tiket konser TRUST bertajuk The Legends 8: Symphonic Tales from Ghibli & Dreamworks telah dijual sejak pertengahan April 2023.

Nathania Karina memastikan bahwa sudah ada 3.400 tiket yang ludes dalam waktu 10 menit.

Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa musik orkestra semakin hari semakin mendapat tempat di Indonesia.

"Pastinya antusiasme besar dan persiapannya juga harus besar. Kita bersyukur banget sold out hampir sebulan lalu, jadi ada sebulan benar-benar buat intensif latihan biar bisa maksimal," tutur Nia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com