Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asmirandah Mengira Anaknya Ruam Popok, Ternyata Punya Alergi Susu Sapi

Kompas.com - 10/05/2023, 14:08 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Asmirandah mengungkap bahwa anaknya, Chloe Emmanuelle Van Wattimena, alergi dengan susu sapi.

Hal tersebut sudah dideteksinya sejak sang anak berusia tiga bulan. Awalnya, Asmirandah mengira anaknya mengalami ruam popok.

“Pas Chloe usia tiga bulan sudah terdeteksi. Awalnya ada ruam-ruam di bagian popok. Aku pikir ruam popok,” ujar Asmirandah di Festival Soya Semua Anak Bisa Maju di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2023).

Baca juga: Keikhlasan Asmirandah Lepas Kepergian Sang Ayah untuk Selamanya

Kemudian, Asmirandah mencoba konsultasi ke dokter soal kondisi anaknya tersebut. Ternyata, dokter menduga bahwa anaknya ada alergi susu sapi.

Dokter kemudian menyarankan Asmirandah untuk puasa susu sapi karena kala itu ia masih menyusui anaknya.

“Aku ganti popoknya, aku ganti krimnya, tapi kok ternyata tetap ada ruam. Aku konsultasi ke dokter, dokter anak. Dokter anak menyarankan Bunda Asmirandah harus puasa makan dan minum yang berhubungan dengan susu sapi. Aku tak menyangka, ‘maksudnya gimana nih dok’, ‘iya Chloe kayaknya enggak cocok sama susu sapi’ ,” ucap Asmirandah.

Baca juga: Asmirandah: Semua Momen sama Papa Itu Bahagia

“Jadi bundanya harus puasa padahal kalau lagi menyusui gitu penginnya makan semuanya, makanan manis-manis,” lanjut Asmirandah.

Dari situ, demi anaknya ia pun tak lagi makan makanan atau minum minuman yang ada kandungan susu sapi.

Asmirandah juga mencoba mencari susu pendamping ASI anaknya yang tidak ada kandungan sapi.

Akhirnya, memilih mengganti susu sapi dengan soya yang ia lihat nutrisinya cocok dengan anaknya.

Baca juga: Asmirandah Temani Sang Ayah Saat Detik-detik Terakhir di Rumah Sakit

“Karena demi anak jadi akhirnya aku enggak makan dan minuman yang mengandung susu sapi. Dan pada saat mpasi aku juga belum berani mengenalkan Chloe ke susu sapi,” ucap Asmirandah.

“Jadi nyari nyari apa ya penggantinya susu sapi, ternyata bisa diganti dengan soya. Jadi aku ganti susunya dengan SGM isopro dan ternyata cocok. Ternyata di sana nutrisinya juga kandungannya bagus banget,” tutur Asmirandah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com