Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serial Antologi Seni Video “Aku, Chairil!” Libatkan Lukman Sardi hingga Nicholas Saputra

Kompas.com - 28/04/2023, 20:37 WIB
Revi C. Rantung,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Rumah produksi Miles Films merilis Serial Antologi Seni Video yang bertajuk “Aku, Chairil”.

Serial ini terdiri dari 7 episode dengan menghadirkan sejumlah puisi Chairil Anwar yang telah dipilih.

Kemudian puisi itu direspons bersama tujuh perupa seni kontemporer, tujuh aktor sebagai pembaca puisi dan melibatkan musisi Baskara Putra untuk musiknya.

Adapun ketujuh aktor ini ialah Lukman Sardi, Ine Febrianti, Jerome Kurnia, Reza Rahadian, Christine Hakim, Nicholas Saputra dan Happy Salma.

“Mungkin sudah banyak yang tahu, kami sangat mencintai Chairil Anwar. Sekitar 2021 kami banyak berencana film Chairil Anwar, karena pandemi, kita harus tetap mencoba karya Chairil dalam bentuk karya yang menarik,” kata Mira Lesmana dalam jumpa pers di Sarinah, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2023).

Mira Lesmana mengaku cukup sedikit kesulitan dalam proses pemilihan puisi-puisi Chairil Anwar serta menentukan aktor sebagai pembaca puisinya.

Baca juga: Alasan Mira Lesmana Pilih Isyana Sarasvati untuk Petualangan Sherina 2

“Jadi awalnya lumayan sulit, jadi saya mencoba kurasi dulu bersama, sekitar puluhan puisi (Chairil Anwar) dan kami berikan pada seniman, memilih mana yang menyangkut di hati mereka,” ucap Mira Lesmana.

“Dan kemudian kita berdiskusi bersama siapa saja aktor-aktor yang bisa membacakan puisi,” tambah Mira Lesmana.

Sementara Lukman Sardi yang menjadi salah satu aktor yang membacakan puisi Chairil Anwar mengaku antusias dengan hadirnya proyek ini.

“Pas diskusi ternyata buat saya puisi sangat menarik. Tentang menghafal sampai akhirnya di kasih tahu puisinya,” ungkap Lukman Sardi.

“Puisi ini menurut aku enggak familiar tapi pas aku baca merasa sesuatu yang mendalam tentang seseorang putus asa, sakit, dan penyesalan,” tambah Lukman Sardi.

Baca juga: Sejarah Hari Puisi Nasional 28 April, Ini Sosok Chairil Anwar

Serial Antologi Seni Video “Aku, Chairil!” disuguhkan dengan pembacaan puisi dari aktor yang kemudian dibalut dengan video serta musik dari Baskra Putra.

Setiap episode dari serial ini berdurasi 5 sampai 7 menit.

Tentunya ada keunikan tersendiri dari setiap episodenya. Pasalnya di setiap episode pembacaan puisi Chairil Anwar akan dibacakan tujuh aktor tersebut.

Serial Antologi Seni Video, "Aku, Chairil!"mulai tayang di Indonesiana, TV yang dikelola Balai Media Kebudayaan dalam rangka menyambut Hari Puisi Nasional 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com