Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stevan Pasaribu Ingin Lestarikan Lagu Batak, Persiapkan untuk Album Selanjutnya

Kompas.com - 08/04/2023, 15:31 WIB
Revi C. Rantung,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi seorang pemuda yang tumbuh di Sumatera Utara pada 1 Mei 1995 silam membuat penyanyi Stevan Pasaribu ingin melestarikan lagu-lagu Batak.

Bahkan, pelantun “Belum Siap Kehilangan” itu memiliki pemikiran untuk menciptakan lagu yang berbahasa Batak yang digabungkan dengan bahasa Indonesia.

“Aku malah pengin gabungin lagu bahasa Indonesia terus sama lagu adatku sendiri, Batak. Iya ciptaan sendiri, tradisional,” kata Stevan saat ditemui di studio Resso di kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca juga: Orangtua yang Dorong Stevan Pasaribu untuk Menyukai Musik

Adapun alasan Stevan ingin membuat lagu tersebut sebagai bentuk rasa kecintaannya terhadap daerah asalnya serta Indonesia.

“Aku pengin (karena) bangga jadi orang Batak, bangga jadi orang Indonesia. Aku pengin banget ada unsur etnik Indonesia,” tutur Stevan Pasaribu.

Meski begitu, pria berusia 27 tahun ini mengaku belum bisa menyuguhkan lagu tersebut dalam waktu dekat. Sebab, pemikirannya itu masih dalam tahap pembicaraan.

Baca juga: Rayakan Hari Musik Nasional, Stevan Pasaribu dan Shakira Jasmine Manggung Bareng Orkestra Sekolah Santa Theresia

“Progres di album ini belum, tapi di album kedua aku sudah mikirin matang-matang. Aku sudah ngomong ke label dan mereka juga syukurnya setuju,” kata Stevan Pasaribu.

Diakui Stevan menyanyikan lagu Batak juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan lagu-lagu pada umumnya.

“Karena nadanya sendiri banyak yang berbeda, lompatan nadanya, ciri khas nadanya. Dan gimana caranya biar enggak jomplang banget, itu sulit,” ucap Stevan.

Baca juga: Arti Hari Musik Nasional bagi Stevan Pasaribu dan Shakira Jasmine

“Makanya aku harus mempersiapkan matang-matang proyek ini,” tutup Stevan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com