Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Iragita soal Kisah Nyatanya Diangkat Jadi Serial Induk Gajah

Kompas.com - 05/04/2023, 20:37 WIB
Vincentius Mario,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah produksi MD Pictures membeli hak adaptasi cerita Induk Gajah milik jurnalis Kompas.com, Ira Gita Natalia Sembiring atau Iragita.

Induk Gajah sudah tayang di Prime Video sejak 23 Maret 2023 dan kini sukses menyedot perhatian penonton.

Ira bercerita, dalam proses awalnya, cerita Induk Gajah lahir dari kelas penulisan skenario yang digagas sutradara Ernest Prakasa.

"Semua bermula dari Koh Ernest Prakasa. Waktu itu gue ikut kelas penulisan skenario dia. Di situ dia menyuruh membuat premis cerita. Tapi sebelum sampai di situ, gue sama Koh Ernest sering ngobrol soal Induk Gajah, nyokap gue," kata Ira saat ditemui di Menara Kompas di Palmerah, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2023).

Baca juga: Alasan Manoj Punjabi Tertarik Angkat Kisah Induk Gajah Karya Iragita Sembiring Jadi Serial

Iragita sendiri pernah menjadi bahan riset dari film Imperfect karya Ernest Prakasa.

"Waktu itu gue sempat jadi bahan riset Koh Ernest dalam film Imperfect, tentang body shaming," lanjut Ira.

Dari pengalaman Ira bersama ibunya, Ernest meminta Ira agar menulis cerita secara lengkap dan diterbitkan menjadi buku.

"Karena gue sering curhat di Twitter, tentang bagaimana nyokap sering body shaming gue, ingin gue kurus, akhirnya dari situ cikal bakal ceritanya," ujar Ira.

"Selesai dari situ, Koh Ernest bilang, 'ceritanya lo bikin buku aja dulu, kayak Ngenest'. Sketsa gue sama nyokap," lanjutnya.

Baca juga: Peran Besar Ernest Prakasa dalam Serial Induk Gajah

Ira tak pernah menyangka, cerita Induk Gajah akhirnya masuk ke daftar produksi MD Pictures yang disutradarai oleh Muhadkly Acho.

Ira pun ditelepon oleh pihak MD Pictures yang menawarkan agar cerita itu diangkat menjadi sebuah serial.

Serial Induk Gajah akan tayang sebagai tontonan untuk menemani Ramadhan di Prime Video mulai 23 Maret 2023.Dok. Prime Video Serial Induk Gajah akan tayang sebagai tontonan untuk menemani Ramadhan di Prime Video mulai 23 Maret 2023.

"Setelah itu, MD akhirnya menelepon, menawarkan, tertarik membuat cerita itu menjadi sebuah serial. Akhirnya gue bertemu sama orang MD, di situlah ngobrol segala macam, dan ternyata mereka mau langsung produksi," tutur Ira.

Ira menekankan, serial Induk Gajah terinspirasi dari cerita hidup dia dan ibunya. Ira bukan penulis skenario atau skrip dalam serial tersebut.

"Jadi yang diserap sama serial Induk Gajah adalah hubungan Iragita sama mamanya, sketsa Ira sama mamanya. Selebihnya itu pengembangan cerita dari Bang Acho. Jadi Iragita bukan menulis serial, tapi menulis bukunya. Dan menjadi inspirasi cerita dari serial Induk Gajah, bukan menulis skenario nya," tutup Ira.

Baca juga: Link Nonton Serial Induk Gajah, Lengkap dengan Sinopsis dan Daftar Pemain

Serial Induk Gajah bercerita tentang kehidupan ibu dan anak bernama Iragita.

Ira diceritakan belum menikah hingga menginjak usia kepala tiga.

Marshanda didapuk sebagai tokoh utama dalam serial ini sebagai Iragita bersama Tika Panggabean sebagai Mamak Uli atau Induk Gajah.

Selain Marshanda dan Tika Panggabean, serial Induk Gajah juga dibintangi oleh Dimas Anggara, Mikha Tambayong, Silolox, Kezia Carolina, Dicky Difie, hingga Tamara Geraldine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com