Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Disentil Ahmad Dhani, Once: Silakan Saja, Publik Bisa Menilai

Kompas.com - 16/03/2023, 19:33 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, musisi Ahmad Dhani kerap menyinggung penyanyi Once Mekel sebagai salah satu vokalis Dewa 19.

Beberapa pernyataan sempat terlontar, mengenai harga manggung Once yang mahal hingga persoalan royalti musik antara lagu-lagu Dewa 19 dan lagu milik Once.

Menurut Once, sindiran itu sah-sah saja dilontarkan oleh seorang seniman.

Baca juga: Disebut Tak Bayar Royalti Lagu Dewa 19, Once Mekel: Lagi Cari Titik Tengahnya

"Ya biasa saja, enggak apa-apa. Seniman itu kan pandai mengolah rasa. Mungkin pandainya itu jadi ke lagu baru. Tapi hati-hati bahwa seniman itu terkadang kurang pandai dalam mengelola informasi untuk menjadi kesimpulan yang obyektif," kata Once ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2023).

Once menilai mampu mengelola informasi dan mengeluarkan pernyataan yang obyektif.

"Saya bisa mengelola informasi hukum dan mengeluarkan statement menjadi kesimpulan obyektif. Kalau soal mengolah rasa, monggo, mungkin itu bagian dari kesenimanan saya juga. Menghasilkan lagu yang indah," ujar Once.

Baca juga: Once Mekel Rilis Album Baru Bertajuk Sigma, Kolabs Bareng Eks Gitaris Guns N Roses

Pelantun "Aku Mau" itu mengatakan, publik bisa menilai mana yang obyektif atau tidak dalam setiap pernyataan yang dilontarkan Ahmad Dhani.

"Nanti kan publik bisa menilai, pernyataan itu pernyataan obyektif atau sekadar pernyataan di suatu tempat tertentu yang akan disesali di kemudian nanti," ungkap Once.

Sebelumnya, Ahmad Dhani belum lama ini buka suara soal lagu ciptaan Once Mekel yang dilarang dibawakan oleh Dewa 19.

Begitupun sebaliknya, pada 2022 lalu Once pernah disebut tidak mau bayar royalti kepada Dhani ketika membawakan lagu milik Dewa 19.

Kala itu Once mengatakan ada beberapa pertimbangan yang sedang dibicarakan pihaknya dengan Ahmad Dhani.

"Kalau soal kompromi pribadi, itu lain lagi, tidak berdasarkan aturan, berdasarkan pertemanan aja. Kalau kompromi pribadi tentu bisa, antar teman, tapi itu bukan aturan," kata Once di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

Baca juga: Tegaskan Tak Ada Masalah dengan Once, Ahmad Dhani: Once Enggak Tahu Apa-apa

 

Once menyinggung peran Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) yang seharusnya mengatur royalti atau sistem bagi hasil tersebut.

"Kalau aturan tidak ada yang bisa melarang performer membawakan itu, harusnya user atau tiap penyelenggara. Mereka yang membayarkan ke LMKN. Nanti mereka akan mentransfer uang itu kepada pencipta," lanjutnya.

Once mengatakan, pihakanya dan Ahmad Dhani sedang mencari titik tengah soal pemakaian lagu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com