Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Dude Harlino Ajarkan Anaknya Makna Ramadhan dan Ikut Puasa

Kompas.com - 03/03/2023, 13:48 WIB
Melvina Tionardus,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Dude Harlino bercerita bahwa dua putranya, Rendra (8) dan Malik (6), semakin antusias menyambut bulan Ramadhan.

Dude mengaku tak terlalu sulit mengajarkan soal Ramadhan karena di sekolah buah hatinya sudah dikenalkan soal momen penting bagi umat muslim ini.

Namun, sebagai orangtua, Dude dan istrinya, Alyssa Soebandono (Ica), tetap menuntun anak-anak mereka.

Baca juga: Cerita Dude Harlino Jadi Pria Misterius pada Tayangan FTV Ramadan

"Di rumah itu anak-anak sudah nanya 'Ayah bulan Ramadhan itu apa dan puasa itu kenapa' Di situ saya menjelaskan. Sebagai orang tua saya dan Ica itu hanya bisa memberikan semangat motivasi," kata Dude Harlino, ditemui di SCTV Tower, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023).

Ketika waktu sahur pun Dude dan Alyssa mencoba melibatkan kedua putra mereka.

"Tahun lalu juga mereka kita bangunin sahur sebenarnya. Tapi ada kalanya masih ngantuk kan. Yang paling penting adalah pada proses sahur, itu mereka ada bareng kita," tutur Dude Harlino.

Baca juga: Dude Harlino Bakal Habiskan Waktu Selama Bulan Ramadan di Lokasi Syuting

Dude dan Alyssa juga berpegang pada pola asuh memberikan hadiah untuk anak-anak pada saat mereka bisa mencapai suatu pencapaian yang baik. Harapan Dude, untuk menambah semangat anak-anaknya.

"Karena saya juga pernah jadi anak-anak jadi saya tahu. Anak-anak itu akan lebih semangat kalau ada sesuatunya. Nanti pada saat mereka sudah pada besar mereka akan tahu bagaimana keikhlasan, bagaimana tentang tawakal dan sebagainya," kata Dude.

Maka itu, ia dan sang istri sepakat akan cara apresiasi ini.

Baca juga: Dude Harlino Bicara Rumah Tangga Harmonis, Santai Tanggapi Komentar Netizen

"Misal mereka sudah shalat lima waktu atau untuk Rendra ya Alhamdulillah juz 30 sudah hafal begitu, itu kita kasih. Kita ajak jalan-jalan ke Bali jadi buat saya mereka bahagia, kita juga bahagia," ucapnya.

Pada Ramadhan tahun ini Dude akan menghabiskan waktu di lokasi syuting sejumlah FTV. FTV bertema Ramadhan ini akan tayang di SCTV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com