Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cokelat Reuni setelah Terpisah 12 Tahun, Kikan Akui Awal Pertemuan Terasa Kaku

Kompas.com - 30/01/2023, 18:19 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band Cokelat akhirnya reuni setelah dua belas tahun sang vokalis, Kikan Namara dan drummer, Ervin Syam Ilyas hengkang.

Cokelat tampil dengan formasi lengkap saat membuka konser Sheila on 7 pada Sabtu (28/1/2023).

Kikan mengakui awalnya pertemuan kembali dengan para personel terasa sangat kaku karena sudah 12 tahun tak bersama.

"Waktu kita masuk studio (latihan lagi) ada awkward, ada kikuk, rikuh. Ya gimana ya namanya udah begitu lama enggak bareng-bareng jadi ya gitu," kata Kikan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1/2023).

Baca juga: Reuni Setelah 12 Tahun, Cokelat Bakal Gelar Konser Tunggal dan Buat Dokumenter

Kikan mengaku para personel tak langsung klop ketika awal bertemu usai reuni tersebut.

Menurut Kikan, bukan hal mudah untuk membangun kembali kedekatan dan kekompakan setelah sudah 12 tahun tak bersama.

"Jadi ya memang perlu effort dari masing-masing personel yang ada di sini dan tentunya juga kebesaran hati pastinya karena gimana pun juga 12 tahun itu namanya manusia pasti berubah, dan waktu juga telah mendewasakan kita sama-sama gitu," ucap Kikan.

Meski demikian, ia bersyukur karena musikalitas para personel Cokelat tetap terasah. Mereka kembali membangun kekompakan saat bermusik agar siap tampil di atas panggung.

Baca juga: Cokelat Akhirnya Reuni, Kikan Senang Jadi Opening di Konser Tunggal Sheila On 7

"Tapi alhamdulillah karena kita juga sama-sama yakin bahwa magnet ini terlalu besar di antara kita berlima ini. Kita enggak nyerah gitu aja sampai kita benar-benar merasa oke kita udah bisa balik ke panggung dan kita enggak mau berpuas diri sampai saat ini," ucap Kikan.

Kikan mengatakan, mereka juga rutin latihan tidak hanya untuk membangun kekompakan, melainkan untuk memberikan penampilan yang terbaik ketika kembali manggung.

"Karena bagaimana pun juga yang berempat ini udah berumur termasuk saya artinya pasti ada perbedaan dengan waktu 12 tahun lalu. Itu juga jadi kesadaran yang sangat kami aware, kami sepakat untuk terus ngasah, memperbaiki diri agar yakin apa yang ditampilkan di panggung layak disaksikan," tutur Kikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com