Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tahun Sutradarai Film Genre Drama, Angga Sasongko: Ingin Eksplorasi Hal Lain

Kompas.com - 26/01/2023, 19:10 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Angga Sasongko menyebut Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang bisa jadi film bergenre drama terakhir yang digarapnya.

Diketahui, film produksi Visinema Pictures tersebut merupakan sekuel dari dari Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (NKCTHI).

"Gue sebenarnya merasa oldschool. Udah menyutradarai hampir 20 tahun jadi sutradara. Mungkin karena mulainya terlalu awal. Saya dari 19 tahun udah bikin film. Ada keinginan untuk fase mengeksplorasi hal yang lain. Kebanyakan drama selama 20 tahun," kata Angga dalam konferensi pers di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Kamis (26/1/2023).

Baca juga: Alffy Rev Buka Suara soal Suntikan Dana Doni Salmanan, Titi DJ dan Angga Sasongko Beri Dukungan

Angga menambahkan, meninggalkan film bergenre drama bisa jadi bagian eksplorasi dan menciptakan perasaan baru baginya dalam berkarya.

"Mungkin ada sebuah rasa, bangun pagi, exciting, malekukan sesuatu yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Butuh energi besar untuk belajar lagi. Saya rasa saya punya privilese membuat apa yang saya mau. Kalau saya bikin ya saya ambil risiko," ungkap Angga.

Meski begitu, Angga telah menyiapkan rilisan lain bergenre drama sebagai bagian dari universe NKCTHI.

"Sebenarnya masih ada satu rilis (film), tapi sudah diselesaikan duluan. Itu penutup rangkaian tiga kakak beradik ini. Tapi tayangnya nanti. Bahkan filmnya dibuat sebelum film ini," ungkap Angga.

Suami dari Anggia Kharisma itu mengatakan, ada pendekatan berbeda yang dibuatnya oleh dalam film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang.

"Sejak NKCTHI pertama, saya coba pendekatan non-linear story telling. Timeline acak. Menariknya, waktu saya bikin NKCTHI, film itu membangun dunianya. Kami berusaha membuat film karakter," ucap Angga.

"Waktu pas bikin jalan yang jauh, saya sadar saya bukan orang London, saya tidak tinggal di sana, saya berusaha menjadi orang yang hanya mengamati. Yang saya tangkap lewat kamera saya adalah dunia Aurora. Saya lebih mengikuti karakter development-nya," lanjut Angga.

Diketahui, film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang bakal hadir di bioskop Tanah Air mulai 2 Februari 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com