Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Film tentang Pembunuh Berantai, Didasarkan pada Sosok Psikopat Dunia Nyata!

Kompas.com - 20/01/2023, 16:30 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Serial Dahmer (2022) mendapatkan perhatian cukup besar dari penonton pada masa penayangannya.

Melansir Comic Book, Kamis (20/10/2022), Dahmer berhasil menempati urutan kedua sebagai series berbahasa Inggris kedua terbaik yang tayang di Netflix.

Kesuksesan Dahmer itu membuktikan bahwa kisah sadis pembunuh berantai digemari para penonton. Terlebih ketika kisahnya didasarkan pada cerita dan karakter nyata.

Sebelum Dahmer, industri perfilman Hollywood sudah beberapa kali merilis film tentang pembunuh berantai yang karakternya didasarkan pada kisah nyata.

Kisah-kisahnya pun sangat seru untuk ditonton karena menampilkan banyak adegan mencekam dengan karakter pembunuh psikopat yang berbahaya.

Baca juga: Menilik Rekam Jejak Wowon, Pembunuh Berantai Bekasi dan Cianjur yang Hilangkan 9 Nyawa

Merangkum Movie Web, Senin (5/12/2023), berikut lima rekomendasi film mengenai pembunuh berantai yang didasarkan pada karakter di dunia nyata.

1. Psycho (1960)

Film klasik garapan sutradara kondang Alfred Hitchcock ini mengisahkan tentang Marion Crane (Janet Leigh), sekretaris di sebuah perusahaan yang kabur setelah menggelapkan dana sebesar 40.000 dollar Amerika Serikat (AS).

Di tengah perjalanan , ia memutuskan untuk menginap di Bates Motel. Pemilik motel ini adalah Norman Bates (Anthony Perkins, lelaki pendiam yang tinggal bersama ibunya.

Selama menginap di Bates Motel, Marion merasakan banyak kejanggalan pada diri Norman dan lingkungan motel.

Meski cerita fiksi, karakter Norman Bates didasarkan pada sosok pembunuh berantai populer, Ed Gein. Ed merupakan pembunuh sadis yang hobi mengoleksi potongan tubuh manusia untuk dijadikan sebagai furnitur rumah.

Baca juga: Pemilik Kontrakan Ungkap Pembunuh Berantai di Bekasi Beli Cangkul Miliknya Rp 50.000

Psycho sendiri telah memenangkan banyak penghargaan pada ajang film, mulai dari Best Supporting Actress pada Golden Globes hingga Best Motion Picture pada Edgar Allan Poe Awards.

Beberapa adegan yang ada dalam film ini bahkan menjadi rujukan sejumlah film thriller atau horor masa kini.

2. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

Sama seperti Psycho, The Texas Chainsaw Massacre terinspirasi dari cerita hidup pembunuh berantai Ed Gein.

Film yang disutradarai oleh Tobe Hooper ini bercerita tentang kisah lima anak muda, Sally Hardesty, Franklin Hadesty, Jerry, Pam, dan Kirk yang melakukan perjalanan ke sebuah wisma tua di daerah Newt, Muerto County, Texas.

Di tengah perjalanan, kelima anak muda ini bertemu dengan seorang pria di pinggir jalan. Mereka pun memberinya tumpangan.

Baca juga: Wowon Si Pembunuh Berantai Diusir Warga Desa Saat Pulang ke Cianjur 2 Hari Usai Bunuh Keluarganya di Bekasi

Namun, sebuah insiden terjadi yang mengakibatkan pria penerima tumpangan marah dan menyerang Franklin. Kelima pemuda itu pun mendepak pria tersebut dari mobil.

Perjalanan panjang mereka berlanjut. Tanpa sadar, mobil yang ditumpangi kelima anak muda ini kehabisan gas. Mereka pun mampir ke sebuah pom bensin tua di tengah jalan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com