Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tiko Sedang Proses Pemasangan Pompa Air

Kompas.com - 08/01/2023, 17:05 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisah Tiko (23) dan ibunya, Eny belakangan menjadi perbincangan hangat publik karena tinggal di rumah mewah terbengkalai tanpa air dan listrik.

Sejak kisahnya viral, Tiko mendapat bantuan dari berbagai pihak. Mulai dari para YouTuber hingga warga membantu membersihkan rumah Tiko, hingga saat ini pemasangan pompa air sudah mulai dilaksanakan.

Hal itu diungkap oleh Ketua RT 006 RW 002, Noves Haristedja.

Baca juga: Banyak Dapat Bantuan, Tiko: Saat Ini Ingin Fokus Merawat Ibu Saja

“Alhamdullilah pemasangan pompa air sedang dilaksanakan. Sedangkan listrik masih menunggu kelengkapan suratnya,” ujar Noves melalui pesan singkat, Minggu (8/1/2023).

Udin, salah satu warga Klender, Jakarta Timur mengatakan bahwa pengeboran untuk pemasangan pompa air sudah dilaksanakan sejak Sabtu (7/1/2023) sore.

Kini, tinggal melanjutkannya dengan pemasangan pompa yang diharapkan akan rampung hari ini.

“Kan kemarin sore kita laksanakan pengeboran dari kemarin sore walau (pengerjaan) dua jam. Pengeboran mulai kemarin dilanjutkan hari ini. Kita kumpulin alat-alatnya hari ini harus rampung,” kata Udin.

Baca juga: Harapan Tiko Setelah Pengobatan Ibunya di Rumah Sakit Selesai

Pompa yang dipasang adalah pompa manual tanpa listrik. Mengingat listriknya saat ini belum menyala, jadi sementara dipasang pompa manual.

Pemasangan kembali pompa air di kediaman Eny Sukaesi (58) dan Pulung Mustika Abima (23) atau Tiko di Kompleks PLN di Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Minggu (8/1/2023).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pemasangan kembali pompa air di kediaman Eny Sukaesi (58) dan Pulung Mustika Abima (23) atau Tiko di Kompleks PLN di Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Minggu (8/1/2023).
Pompa itu dipasang di luar rumah Tiko. Sengaja diletakkan di luar rumah Tiko agar bisa diawasi oleh warga setempat.

“Iya maksudnya supaya pengawasan dari masyarakat ke seluruhan yang ada. Kalau di dalam kan enggak kelihatan. Kalau ada masalah bisa ditangani langsung oleh warga. Pemberitahuan langsung ke RT,” tutur Udin.

Sebelumnya ada beberapa YouTuber yang hendak bergotong royong membantu memasang pompa air dan listrik di rumah Tiko.

Irfan Jayani, pemilik kanal YouTube Bang Brew TV ikut membantu mendonasikan pemasang pompa air untuk Tiko.

Baca juga: Rumah Tiko Kembali Dibersihkan, Akan Ada Pemasangan Listrik dan Air

Sementara itu ada orang lain yang ingin mendonasikan pemasangan listrik di rumah Tiko.

Adapun rumah Tiko yang mewah terbengkalai tersebut kini tampak sangat berbeda dari awal viral.

Yang dulu rumahnya kotor, penuh debu, dengan tanaman yang tidak terawat, kini rumah Tiko sudah terlihat lebih terang karena pepohonan di rumahnya sudah ditebang.

Bahkan, lantai rumahnya kini terlihat lebih bersih setelah dibersihkan oleh para YouTuber yang dibantu oleh warga, Damkar hingga PPSU.

Rumah yang masih dihuni oleh Tiko dan Ibu Eny itu viral setelah salah satunya ditampilkan Irfan Jayani melalui akun YouTube-nya Bang Brew TV. Youtuber itu semula hendak membuat konten mengenai rumah kosong yang tak berpenghuni.

Namun dia justru mendapati bahwa rumah itu didiami seorang perempuan paruh baya dan anaknya.

Rumah Tiko tak terawat sejak tahun 2010. Tiko merawat sang ibu yang mengalami gangguan jiwa sejak usianya masih 12 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com