Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2023, 10:52 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisah Tiko (23) dan ibunya, Eny belakangan ini menjadi perbincangan hangat publik.

Tiko diketahui merawat Ibu Eny yang mengalami gangguan jiwa seorang diri sejak tahun 2010 di rumah mewah yang terbengkalai tanpa aliran listrik dan air.

Tiko minta maaf apabila pernyataannya di berbagai media ternyata menyakiti keluarga sang ayah.

Tiko sempat mengungkap bahwa semenjak ayahnya meninggalkan ia dan sang ibu, ibunya mengalami depresi.

“Terkait yang terjadi saat ini saya tahu sebenarnya bahwa yang saya lakukan agak lancang dan menyakiti perasaan pihak almarhum keluarga papa saya,” kata Tiko seperti dikutip di kanal YouTube Pratiwi Noviyanthi pada Minggu (8/1/2023).

Baca juga: Ketua RT Ungkap Pernah Ada Orang Titip Uang untuk Tiko

Tiko meminta keluarga almarhum ayahnya membuka pintu maaf kepadanya. Tiko mengaku salah atas pernyataannya di publik yang terkesan menyudutkan ayahnya atas apa yang selama ini dialami ia dan ibunya.

“Aku selaku anak dari Herman Moedji Susanto, papa saya jadi tolong dengan amat sangat aku mohon dibukakan minta maaf sebesar-besarnya karena yang ku lakukan salah,” ucap Tiko.

@hype.kompascom Tiko meminta maaf kepada keluarga ayahnya atas pernyataannya yang dianggap keliru. Ia pun banyak mendapatkan pujian dari warganet. Bagaimana nih tanggapanmu? Tuliskan di kolom komentar, ya!???? #Tiko #IbuEny #YouTuber #PratiwiNoviyanthi #TikoMintaMaaf #KeluargaAyahTiko #Viral #KisahViral #HypeKompascom #Kompascom ? suara asli - Hype Kompascom

Tiko mengatakan, selama ini yang diceritakannya ke publik hanya dari perspektif atau sudut pandang darinya.

Yang sebenarnya diakui Tiko, ia sendiri pun tidak tahu kebenaran yang terjadi antara ayah dan ibunya. Mengingat dulu saat ayahnya meninggalkannya, ia masih kecil.

Baca juga: Rumah Tiko Akan Dipasang Listrik Setelah 11 Tahun, Ketua RT Sebut Ada Donatur yang Akan Bayar

Tiko mengatakan, ia sama sekali tak berniat menjelek-jelekkan almarhum ayahnya.

“Jadi kalau keluarga alamarhun papa saya merasa dijelekkan itu bukan niatku karena aku tidak tahu apa-apa. Aku menceritakan ini berdasarkan apa yang aku alami selama ini. Untuk sekali lagi mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya,” kata Tiko.

Tiko berkali-kali minta dibukakan pintu maaf oleh keluarga almarhum ayahnya. Tiko mengatakan, ia tidak ingin ada kesalahpahaman di antara mereka.

Sebab kini ia hanya ingin fokus mengurus ibunya yang ada di rumah sakit jiwa di Duren Sawit. Ia berjanji ke depannya akan lebih hati-hati dalam memberi pernyataan ke publik.

Baca juga: Petugas Damkar dan PPSU Kembali Bersihkan Rumah Tiko

“Dan mulai saat ini aku ingin fokus merawat ibu aja. Kondisi ibu sekarang ada di rumah sakit dan aku ingin mengurus rumah. Jadi mungkin aku berhati-hati memilih kata ke depannya,” ucap Tiko.

“Jadi sekali lagi aku mohon maaf sebesar-besarnya pada keluarga almarhum papa di sana. Aku berterima kasih kalau emang dimaafkan,” tutur Tiko.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com