Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cornelia Agatha: Aminah Cendrakasih adalah Sosok Aktris yang Berdedikasi Tinggi

Kompas.com - 22/12/2022, 10:58 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Artis peran Cornelia Agatha mengenang masa-masa bekerja bersama mendiang aktris senior Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak dalam Si Doel Anak Sekolahan.

Cornelia masih ingat saat pertama kali bertemu Aminah Cendrakasih. Ketika itu Cornelia masih mudah sedangkan Mak Nyak sudah senior di dunia hiburan Tanah Air.

"Beliau kan senior, sama sekali… pokoknya terlihat sangat ngemong, membimbing, rendah hati, terus keibuan sama kita semua (pemeran dalam Si Doel Anak Sekolahan)," ungkap Cornelia saat ditemui di rumah duka, kawasan Jurang Mangu Barat, Tangerang Selatan pada Kamis (22/12/2022).

Baca juga: Unggah Video Lawas Mak Nyak, Sandiaga Uno Ucapkan Duka dan Apresiasi untuk Aminah Cendrakasih

Pemeran Sarah di Si Doel Anak Sekolahan itu mengatakan meskipun terlihat pendiam dalam kesehariannya, Mak Nyak sangat humoris. Kepribadiannya menularkan keceriaan terhadap sesama.

"Tapi, memang yang paling berkesan ya itu, kebersahajaan dan juga bagaimana Mak Nyak sangat menghargai kita semua, setiap orang yang bertemu dengan Mak Nyak. Mak Nyak sangat menghargai," ujar Cornelia.

"Dan, sebagai seorang aktris, kita semua harus akui bahwa Mak Nyak memang seorang aktris yang berdedikasi tinggi meskipun dalam keadaan seperti itu pun beliau masih berkontribusi dalam dunia sinetron, terutama dengan menghidupkan Si Doel agar terus bisa bernapas," kata Cornelia melanjutkan.

Baca juga: Kronologi Meninggalnya Aminah Cendrakasih Mak Nyak, Muntah sejak Subuh

Cornelia menegaskan, ia dan teman-temannya yang berperan dalam Si Doel Anak Sekolahan hingga saat ini masih bisa berkarya berkat Mak Nyak.

"Karena beliau itu memiliki dedikasi yang tinggi, selain memang kualitas dan segala-galanya, memang bekerja dengan hati, mencintai sekali pekerjaannya. Seperti itu, sangat inspiratif," tutur Cornelia.

Sebagai informasi, Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak meninggal dunia di salah satu rumah anaknya, kawasan Jurang Mangu, Tangerang Selatan pada Rabu (21/12/2022).

Sebelum meninggal dunia, Mak Nyak sempat mengalami muntah-muntah sejak pagi hari hingga akhirnya mengembuskan napas terakhir di atas tempat tidur.

Baca juga: Aminah Cendrakasih dalam Kenangan, Perankan Mak Nyak sampai Tutup Usia

Selain itu, sebelum kepergiannya, Mak Nyak berjuang melawan penyakit yang dideritanya beberapa tahun terlihat, glaukoma.

Mak Nyak akan dimakamkan pada Kamis (22/12/2022) di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com