Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenangan Cok Simbara Kali Pertama Main Film, Rambut Gondrongnya Ditawar Sutradara

Kompas.com - 19/12/2022, 15:39 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor senior Cok Simbara mengenang keterlibatan dalam film pertamanya di dunia seni peran, Kugapai Cintamu (1977) yang disutradarai Wim Umboh.

Cok Simbara mengatakan, ia terlibat dalam film tersebut karena ditawari oleh adik kelasnya di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Nurhadie Irawan, yang pada saat itu sudah menjadi asisten sutradara.

"Waktu saya pulang habis keliling teater, rambut masih panjang. 'Mau enggak jadi pemeran utama di film ini?'. Aku bilang, 'bagaimana rambutnya?', 'rambutnya harus potong'. Aku langsung berpikir," kata Cok Simbara saat ditemui di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Kabar Terkini Cok Simbara, Terlibat dalam Film Animasi Tengkorak sebagai Lembugiri

Beberapa waktu kemudian, Cok Simbara dengan rambutnya yang masih terlihat gondrong itu bertemu dengan Wim Umboh.

Tanpa basa-basi, Wim Umboh langsung memberikan tawaran kepada Cok Simbara.

Adapun saat itu, Cok Simbara sangat menyukai rambutnya yang panjang karena melambangkan dirinya sebagai pekerja seni.

Baca juga: Cok Simbara: Satu Tahun Main Teater Cuma Bisa Beli 2 Kaus

"Dia bilang, 'tapi potong rambut', 'waduh, gimana?', 'pokoknya begini, saya tahu kamu sama rambut sayang. Kalau enggak jadi syuting, saya bayar rambutnya', gitu," ucap Cok Simbara sambil tertawa.

Menerima tawaran tersebut, Wim Umboh langsung bergegas membawa Cok Simbara ke tukang pangkas rambut di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

"(Dibayarin) Makanya mau. Dia bawa aku ke Blok M untuk potong rambut. Ditungguin, dipotong. Tapi memang di situ akhirnya awal pertama kali tahun 77," ujar Cok Simbara.

"Artinya, (pada saat itu) ini babak baru untuk hidup saya yang kemarin saya luntang-lantung sebagai orang teater, sekarang orang film," kata Cok Simbara melanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com