Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christopher Nolan Bakal Buat Ledakan Nuklir Pertama di Film Oppenheimer Tanpa Bantuan CGI

Kompas.com - 13/12/2022, 16:28 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Variety

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Christopher Nolan dikonfirmasi membuat ledakan senjata nuklir pertama tanpa bantuan Computer Generated Imagery (CGI) sebagai bagian dari produksi film barunya, Oppenheimer.

Film tersebut dibintangi oleh Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer, tokoh terkemuka dalam proyek Manhattan dan pembuat bom atom selama Perang Dunia II.

Dalam film sebelumnya, Nolan diketahui menyukai efek praktis daripada efek visual. Ia bahkan meledakkan Boeing 747 asli untuk film Tenet.

Baca juga: Film Terbaru Christopher Nolan, Oppenheimer, Bertabur Bintang

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Nolan mengambil keputusan membuat hal tersebut dengan efek praktis untuk ledakan senjata nuklir.

"Saya pikir, membuat ulang uji Trinity (peledakan senjata nuklir pertama di New Mexico) tanpa menggunakan grafik komputer merupakan tantangan besar yang harus dihadapi,” kata Nolan seperti dilansir Variety, Selasa (13/12/2022).

Dalam kesempatan ini, Nolan sudah mengajak Andrew Jackson agar visual film yang dilakukan tanpa bantuan komputer terlibat secara maksimal.

Baca juga: Sinopsis Following, Film Karya Christopher Nolan

Nolan mengakui bahwa Oppenheimer merupakan salah satu proyek yang paling menantang dalam pembuatan sebuah film.

"Ada tantangan logistik yang besar, tantangan praktis yang besar. Tapi saya memiliki kru yang luar biasa, dan mereka benar-benar bekerja sama," tutur Nolan.

Sinematografi film Interstellar, Dunkirk, dan Tenet yang bernama Hoyte van Hoytema kembali bekerja sama dengan Nolan untuk Oppenheimer.

Keduanya kini berhasil membuat IMAX stok film jenis baru.

Baca juga: Gabung Universal, Christopher Nolan Siap Garap Film tentang Pembuat Bom Atom

“Kami menantang orang-orang di Kodak photochem untuk membuat ini bekerja untuk kami,” kata Nolan.

“Untuk pertama kalinya, kami dapat merekam film IMAX dalam warna hitam-putih. Dan hasilnya mendebarkan dan luar biasa," ujar Nolan melanjutkan.

Menurut rencana, film Oppenheimer bakal tayang di bioskop pada 21 Juli 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com