Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Tragedi Halloween Itaewon, 6 Orang Dibidik Jadi Tersangka

Kompas.com - 09/11/2022, 19:57 WIB
Firda Janati,
Dian Maharani

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Divisi investigasi khusus mencari penyebab di balik tragedi Itaewon dengan mempersempit penyelidikan kepada pihak kepolisian.

Tim kepolisian telah mengidentifikasi enam tersangka.

Hal itu dilakukan setelah Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengecam kepemimpinan polisi yang lambat merespons laporan masyarakat.

Dilansir dari Korea Herald, Rabu (9/11/2022), tim investigasi khusus yang dibentuk oleh Badan Kepolisian Nasional menggeledah 55 tempat yang terkait dengan bencana Itaewon.

Penggeledahan itu termasuk kantor Yoon Hee Keun (kepala Badan Kepolisian Nasional), Kim Kwang Ho (kepala Badan Metropolitan Seoul), dan Lee Im Jae (mantan kepala Kantor Polisi Yongsan), yang diberhentikan setelah tragedi Itaewon.

Baca juga: Lee Young Ae Tawarkan Bantuan untuk Keluarga Korban Tragedi Itaewon

Kepala Yoon Hee Keun dan Kim Kwang Ho diberitahu tentang tragedi itu lebih dari satu jam setelah kejadian dan Lee Im Jae datang terlambat ke TKP.

Adapun identifikasi enam tersangka, termasuk mantan kepala polisi Yongsan, Lee Im Jae dan Ryu Mi Jin yang bertanggung jawab atas ruang situasi Badan Kepolisian Metropolitan Seoul pada saat kejadian.

Kemudian dua pejabat dari tim intelijen di Kantor Polisi Yongsan, kepala kantor Distrik Yongsan, Park Hee Young dan Kepala Pemadam Kebakaran Yongsan, Choi Seong Beom.

Tanggapan divisi investigasi khusus ini sejalan dengan kritik Presiden Yoon terhadap kepemimpinan polisi yang dianggap lalai mendengar laporan masyarakat sebelum terjadinya tragedi tersebut.

Baca juga: 3 Drama yang Pernah Dibintangi Aktor Lee Jihan, Korban Tragedi Itaewon

Ada juga kritik yang dilontarkan masyarakat bahwa penyelidikan itu hanya menargetkan pejabat berpangkat rendah.

Pejabat di peringkat yang lebih tinggi tidak disalahkan.

Serangkaian penggerebekan pekan lalu dilakukan di delapan organisasi, tetapi tidak termasuk kantor pejabat tinggi polisi.

Menteri Dalam Negeri Lee Sang Min tetap teguh pada pendiriannya bahwa dia tidak akan mengundurkan diri atas insiden tersebut.

Baca juga: Sempat Ditunda karena Tragedi Itaewon, Running Man Episode Jin BTS Umumkan Jadwal Tayang Baru

"Belum ada permintaan (menyerukan pengunduran diri saya). Saya siap untuk melakukan yang terbaik untuk menangani masalah seperti ini," kata Lee saat ditanyai pada pertemuan Majelis Nasional, Selasa.

Terlepas dari klaimnya, Lee telah dipenuhi dengan seruan untuk mengundurkan diri dari partai-partai oposisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com