Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinopsis Free State of Jones, Kisah Tentara Pembelot

Kompas.com - 09/11/2022, 04:57 WIB
Rizki Eka Fauziah,
Inas Twinda Puspita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Free State of Jones merupakan film sejarah garapan sutradara Gary Ross yang rilis pada tahun 2016 dan kini dapat disaksikan melalui layanan streaming CATCHPLAY+.

Film tersebut mengisahkan seorang tentara Konfederasi pembelot yang kecewa saat kembali ke Mississippi dan memimpin milisi sesama pembelot untuk melawan pemerintah Konfederasi lokal yang korup.

Dibintangi oleh Matthew McConaughey, Gugu Mbatha-Raw, Mahershala Ali, Keri Russell, Christopher Berry. Sean Bridgers, Jacob Lofland, Thomas Francis Murphy, Bill Tangradi, dan Brian Lee Franklin.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Romansa Berlatar Belakang Perang

Kisah Free State of Jones berawal dari Newton Knight (Matthew McConaughey), seorang yang telah selamat dari Pertempuran Korintus, diberi informasi tentang Hukum Dua Puluh Negro yang memungkinkan orang kaya untuk menghindari wajib militer.

Ia pergi setelah keponakannya bernama Daniel (Jacob Lofland) dipaksa untuk masuk dinas militer, hanya terluka parah dan kemudian ditolak perawatan medisnya sementara para petugas dirawat terlebih dahulu.

Baca juga: Sinopsis Grand Central, Pekerja yang Mengkhianati Bosnya Sendiri

Setelah kembali ke rumah, Knight mengubur Daniel dan berhubungan kembali dengan istrinya, Serena.

Dia berteman dengan Rachel (Gugu Mbatha-Raw), seorang wanita diperbudak yang diam-diam belajar membaca, setelah dia mengobati penyakit putranya yang masih bayi.

Baca juga: Sinopsis Monsoon, Perjalanan Pria Usai Perang Vietnam-Amerika

Saat Newton berada di rumah, ia melihat betapa sengsaranya para peternak dan petani akibat perampasan hasil ternak dan panen mereka sebagai pajak oleh konfederasi.

Newton merasa sangat kecewa dan ia memimpin pemberontakan bersama para petani dan peternak, dibantu oleh rekannya yaitu Moses (Mahershala Ali) dalam melakukan perjuangannya tersebut.

Baca juga: Sinopsis Tiger Zinda Hai, Film Thriller-Aksi Bollywood di ANTV

Bagaimana perjuangan Newton dalam memimpin pemberontakan tersebut?

Saksikan film Free State of Jones tayang di CATCHPLAY+.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com