Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RM BTS Sumbangkan Rp 1 Miliar untuk Warisan Budaya Korea di Luar Negeri

Kompas.com - 15/09/2022, 18:23 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Soompi

KOMPAS.com - Leader boy group BTS, RM, kembali memberikan donasi yang berarti.

Dilansir Soompi, Administrasi Yayasan Warisan Budaya Korea Luar Negeri mengumumkan bahwa RM baru-baru ini menyumbangkan 100 juta won atau Rp 1 miliar ke yayasan untuk pelestarian, restorasi, dan pemanfaatan aset budaya di luar negeri.

Ini adalah kedua kalinya rapper BTS tersebut menyumbangkan 100 juta won ke Yayasan Budaya Korea Luar Negeri.

Baca juga: Fakta RM BTS yang Berulang Tahun Ke-28

RM mengirim jumlah uang yang sama setahun yang lalu, yang tidak diketahui publik saat itu.

Menurut yayasan, uang sumbangan RM tersebut digunakan untuk kerja sama dengan Los Angeles County Museum of Art (LACMA) melestarikan "hwarot", atau jubah pengantin dari Dinasti Joseon (1392-1910), yang dimiliki oleh museum AS.

Hwarot adalah sejenis pakaian tradisional Korea yang dikenakan selama era Joseon hanya oleh wanita kerajaan untuk acara-acara seremonial dan kemudian oleh rakyat jelata untuk pernikahan.

Baca juga: Gandeng RM BTS, Balming Tiger Rilis Single Sexy Nukim

Sementara uang tambahan 100 juta won yang disumbangkan RM pada tahun ini akan digunakan untuk membuat katalog yang memperkenalkan lukisan Korea.

RM diakui sebagai salah satu Pelindung Seni sejak 2020 setelah meminjamkan sepotong koleksi patungnya, "Horse", ke pematung Kwon Jin Gyu di Museum Seni Seoul.

Dia juga menyumbangkan 100 juta won ke Museum Nasional Modern dan Kontemporer Seni.

Baca juga: RM BTS Kasih Bocoran soal Proyek Solo

RM telah menunjukkan kecintaannya, khususnya pada seni Korea dengan berpartisipasi dalam komentar pameran bahasa Korea dan Inggris dalam acara The Space Between: Modern Korean Art Exhibition yang dipamerkan di LACMA mulai 11 September 2022.

Selain itu, RM juga kerap mengunggah foto dirinya mengunjungi berbagai museum dan galeri seni di seluruh negeri di Instagram-nya.

Museum-museum yang dikunjungi RM semakin populer dengan dikenal sebagai bagian dari Tur RM. Hal ini membuktikan pengaruh RM dalam industri seni Korea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com