Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawakan Cak Kartolo Dan Cak Sapari Beri Warna Komedi di Film Lara Ati

Kompas.com - 14/09/2022, 13:15 WIB
Achmad Faizal,
Kistyarini

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Film layar lebar Lara Ati dijadwalkan tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia mulai Rabu (15/9/2022).

Film yang mengangkat unsur lokal dan gaya tutur dalam Bahasa Jawa khas Surabaya persembahan BASE Entertainment tersebut menjadi debut filmmaker asal Malang Bayu Skak sebagai sutradara penuh.

Film Lara Ati akan mengobati rindu penggemar lawakan khas sejumlah komedian asli Surabaya seperti Cak Kartolo dan Cak Sapari.

Keduanya akan berperan di film Lara Ati dengan karakter masing-masing seperti Cak Sapari sebagai Cak Tono, dan Cak Sapari sebagai Pak Bandi (ayah Joko/Bayu Skak).

Baca juga: Jadwal Tayang Film Lara Ati di Bioskop

Semangat Bayu untuk mengangkat budaya lokal ini juga sejalan dengan semangat BASE Entertainment yang percaya bahwa pendekatan “hyper-local” dan keberagaman sangat penting untuk kemajuan perfilman Indonesia.

"BASE sangat tertarik dengan storytelling Bayu terutama semangatnya untuk mengangkat budaya lokal dari tempat dia berasal", ujar produser sekaligus CEO dari BASE Entertainment, Shanty Harmayn dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com Selasa (13/9/2022).

Dia berharap, karya-karya yang sarat semangat budaya lokal seperti yang ada di film Lara Ati itu bisa memicu kreator dari daerah lain untuk ikut melakukan hal sama.

"Saya yakin masih banyak kreator lokal yang memiliki ide-ide cerita kuat seperti Bayu Skak," jelasnya.

Baca juga: Main di Film Lara Ati, Sahila Hisyam Harus Belajar Bahasa Jawa

Film Lara Ati mengambil latar kota Surabaya dengan narasi bahasa Jawa. Film tersebut juga melibatkan sebagian besar kru dan pemain dari Jawa Timur termasuk para pemain ludruk legendaris.

Film dengan tagline “Urip Lan Karep Ora Sedalan” atau “Hidup dan Keinginan Tidak Sejalan” ini dibintangi oleh banyak bintang muda.

Selain Bayu Skak, ada Tatjana Saphira, Sahila Hisyam, Dono Pradana, Keisya Levronka, Ciccio Manassero, Benidictus Siregar, Indra Pramujito, dan juga didukung oleh banyak sekali sosok dari Jawa Timur.

Selain itu, Bayu juga mengajak seniman ludruk legendaris Jawa Timur, yaitu Cak Kartolo, Cak Sapari, Ning Tini, Eko Londo, dan Cak Silo.

Baca juga: Daftar Pemain Film Lara Ati

Sebelum filmnya tayang di bioskop, BASE Entertainment bersama Sinemart dan Skak Studios, merilis LokaDrama Lara Ati dengan latar waktu dua tahun sebelum cerita di film Lara Ati.

Sebagai tayangan serial televisi, LokaDrama Lara Ati ini konsisten menempati posisi 10 besar rating tv nasional selama 2 minggu dan mendapatkan hingga 26 persen share di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Selain itu, LokaDrama Lara Ati juga mendapatkan respon besar dan sangat positif secara digital. LokaDrama Lara Ati tayang mulai 15 Agustus hingga sekitar 13 September dengan penutup kisahnya ada di film Lara Ati.

LokaDrama Lara Ati bisa disaksikan di SCTV dan aplikasi Vidio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com