Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2022, 18:14 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perancang busana Ivan Gunawan turut aktif dalam kegiatan sosial. Tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri.

Baru-baru ini, Ivan membangun tempat ibadah masjid di Uganda. Ada alasan yang membuat Ivan memilih negara di bagian timur benua Afrika ini.

Baca juga: Aksi Ale Funky Ditemani Sejumlah Penari Bikin Ivan Gunawan Tercengang

"Jadi kebetulan di Uganda banyak muslimnya, tapi merekakan susah kehidupannya. Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid. Jadi saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid di sana," ujar Ivan dalam keterangan tertulis, Selasa (13/9/2022).

Menurut Ivan, selain minim adanya masjid, di Uganda juga sangat minim peralatan untuk beribadah.

Baca juga: Ivan Gunawan Kesal Dihujat Netizen dan Tak Segan Laporkan ke Polisi

Ivan Gunawan bekerja sama dengan Yayasan Golden Future dalam membangun masjid di Uganda.DOK Yayasan Golden Future Ivan Gunawan bekerja sama dengan Yayasan Golden Future dalam membangun masjid di Uganda.
"Baju muslim, mukena, sarung di sana juga susah. Ya alhamdulillah ada anak Indonesia yang mau meluangkan waktunya ikut di dalam acara kemanusiaan. Dari situ saya jadi terinspirasi untuk membuat masjid yang bagus dan fasilitas yang layak untuk saudara muslim di sana," kata Ivan.

Ivan mengatakan, dia tidak sendirian dalam membangun masjid. Ia bekerja sama dengan Yayasan Golden Future dan juga desainer interior kenamaan Susan Emir, yang merupakan pemilik Rumah Sabine.

Masjid Indonesia by Ivan Gunawan pertama kali dibangun pada tanggal 16 April 2022 berlokasi di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat.

Baca juga: Ancam Lapor Polisi, Ivan Gunawan Sudah Tandai Akun Gosip yang Muat Konten Provokatif Tentangnya

Masjid dengan ukuran cukup besar itu mampu menampung hingga 400 jamaah dalam sekali waktu shalat.

Proses pembangunan masjid di Uganda sendiri saat ini hampir selesai. Meski belum berdiri sempurna, masjid ini telah digunakan oleh warga sekitar untuk beribadah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com