Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Putri Diana, Kate Middleton Akan Gunakan Gelar Princess of Wales

Kompas.com - 10/09/2022, 09:19 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Raja Charles III mengumumkan dalam pidato publik pertamanya sejak meninggalnya Ratu Elizabeth II bahwa pewarisnya, Pangeran William sekarang menjadi Pangeran Wales dan Kate Middleton dinobatkan sebagai Putri Wales.

Gelar Putri Wales sebelumnya dipegang oleh mendiang Putri Diana, ibu dari Pangeran William.

"Hari ini, saya bangga mengangkatnya sebagai Pangeran Wales, Tywysog Cymru, negara yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya," kata Charles, Jumat (9/9/2022).

"Dengan Catherine di sampingnya, Pangeran dan Putri Wales kita yang baru, saya tahu, akan terus menginspirasi dan memimpin pembicaraan nasional kita, membantu membawa kaum marginal ke titik pusat di mana bantuan vital dapat diberikan," lanjut Charles dalam pidatonya.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Bagaimana Nasib Pangeran Harry dan Meghan Markle?

Seorang sumber kerajaan memberi tahu Page Six bahwa William dan Kate berfokus pada pendalaman kepercayaan dan rasa hormat orang-orang Wales.

"Seiring waktu Pangeran dan Putri Wales akan mendekati peran mereka dengan cara yang sederhana dan rendah hati seperti yang mereka lakukan sebelumnya," tambah sumber tersebut.

Kate secara teknis memang seorang putri Kerajaan Inggris, tetapi selama ini "putri" adalah pekerjaannya, bukan gelarnya.

Untuk informasi, selama Ratu Elizabeth II masih berkuasa, Kate Middleton memiliki tiga gelar.

Baca juga: Ketika Pangeran Louis Tutup Mulut Kate Middleton di Platinum Jubilee...

Pertama, Dutchess of Cambridge, gelar turun-temurun yang dianugerahkan oleh Ratu Elizabeth II kepada Kate saat menikah dengan Pangeran William.

Kemudian Countess of Strathearn, gelar awal Kate di Skotlandia, yang juga dianugerahkan Ratu padanya saat menikah dengan Pangeran William.

Juga Lady Carrickfergus, gelar awal Kate di Irlandia Utara, juga diberikan kepadanya oleh Ratu saat dia masuk ke dalam keluarga kerajaan.

Sekarang dengan Pangeran Charles naik takhta dan menjadi Raja Charles III, gelar Pangeran Wales diberikan pada William, penerusnya.

Demikian halnya dengan gelar Princess of Wales yang kemudian digunakan oleh Kate Middleton.

Gelar Princess of Wales terakhir kali digunakan oleh mendiang Putri Diana. Ini karena meskipun menikah dengan Charles, Camilla, memilih untuk tidak menggunakannya dengan alasan menghormati Diana.

Sementara itu, meskipun Kate bisa menghindari penggunaan gelar Princess of Wales, para ahli kerajaan berpikir ada kemungkinan Kate Middleton akan tetap menggunakan gelar tersebut.

"Sulit untuk melihatnya tidak terjadi. Saya yakin ini akan menjadi momen yang sedikit pahit," kata seorang sumber kepada The Telegraph pada Januari 2022.

"Ini adalah putranya (Diana) dan istrinya, jadi dalam beberapa hal, itu akan menjadi lingkaran — tetapi itu juga akan menjadi pengingat yang pedih tentang apa yang hilang dari kita semua," kata sumber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com