Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rilis Mung Kanggo Kowe, Pulung Agustanto Ingin Kolaborasi Bareng Farel Prayoga hingga Denny Caknan

Kompas.com - 01/09/2022, 09:35 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pulung Agustanto merilis lagu pop berbahasa Jawa berjudul "Mung Kanggo Kowe" di bawah naungan label musik Surya Lestari Record, pada Rabu (31/8/2022). 

Beberapa musisi ternama turut terlibat dalam pengerjaan lagu ini, antara lain Irsan Wallad hingga musisi jazz Rio Sidik. 

Menurut Pulung, perilisan "Mung Kanggo Kowe" tak terlepas dari kolaborasi bersama berbagai pihak.

Baca juga: Lagu-lagu Jawa yang Viral di Tiktok 2022

"Kalau proses lagu pop Jawa, koplo Jawa, ambyar, itu dimulai dari Didi Kempot. Lagu 'Pamer Bojo' itu hits 12 tahun setelah diciptakan. Ada yang colabs, artinya komunitas seluruhan harus terlibat, kolaborasi bersama. Nah, dalam lagu ini juga seperti itu," kata Pulung dikutip dari dari siaran pers resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (31/8/2022).

Pulung mengaku ingin berkolaborasi bersama pedangdut muda lainnya, seperti Farel Prayoga hingga Denny Caknan.

"Saya senang-senang aja kalau bisa berkolaborasi bersama mereka. Mungkin mereka yang enggak mau. Tapi saya selalu terbuka dengan kolaborasi. Keterlibatan semua masyarakat, ya harus berkolaborasi," lanjut Pulung.

Baca juga: Tapaki Jejak Mendiang Didi Kempot, Gusanda Latova Beralih dari Pop ke Lagu Jawa

Pulung juga memuji kebangkitan musik Jawa, terutama ketika "Ojo Dibandingke" bisa digaungkan di Istana Negara.

"Ambyar sudah sampai istana, mungkin pemerintah ingin menularkan kebahagiaan ini ke seluruh masyarakat Indonesia. Ini bagus buat kita. Harus berbagi demikian juga," lanjutnya.

Sementara sebagai produser musik, Irsan Wallad menyebut "Mung Kanggo Kowe" adalah campuran dari beragam genre.

Baca juga: Lagu Jawa Barat, Ini Lirik dan Chord Lagu Es Lilin dari Nining Meida

"Kalau kita dengar liriknya, semua kita aduk. Ada rock, ada popnya, ada bunyian yang klasikal. Ditambah ada juga jazz. Ada Mas Rio Sidik. Itu cara saya tidak kehilangan identitas jazz kita," ucap Irsan Wallad.

Lagu "Mung Kanggo Kowe" sudah bisa dinikmati di berbagai platform streaming musik Tanah Air dan video klipnya bisa disaksikan lewat kanal YouTube Vanilla Arts.

Sebelum merilis lagu "Mung Kanggo Kowe", Pulung Agustanto sempat berkolaborasi bareng Barry Likumahuwa, gitaris ternama Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com