Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Musik Pengabdi Setan 2 Bisa Terngiang di Kepala Penonton

Kompas.com - 10/08/2022, 10:16 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sutradara film Pengabdi Setan 2: Communion, Joko Anwar ungkap alasan musik dalam film tersebut bisa masuk ke dalam kepala penontonnya.

Lewat akun Twitter, Joko Anwar mengungkap tentang musik Pengabdi Setan 2: Communion yang dirancang dengan Kepler Effect.

"Dengarkan musik Pengabdi Setan 2: Communion yang didesain dengan Keppler Effect untuk masuk ke dalam kepala penonton. Untuk efek yang lebih dahsyat, gunakan headphone," tulis Joko Anwar dikutip dari akun Twitter @jokoanwar.

Joko Anwar juga menyertakan link untuk mendengarkan musik dari film Pengabdi Setan 2: Communion di Spotify, di mana di dalamnya terdapat 21 lagu.

Baca juga: Lagu Rahasia Dendam Disebut Simpan Banyak Jawaban dari Film Pengabdi Setan 2, Kenapa?

Menanggapi twit Joko Anwar, beberapa netizen yang sudah menonton film dan mendengar musiknya mengungkap kesan mereka. 

"Track Bow to Thee & Voice Outside the Door nampol ngerinya," tulis @mahendra_f. 

"JUJUR lagunya jadi kebawa pikiran, sampe kaya nyanyiin gtu udah gtu awalnya biasa aja setelah pulang nonton, tp pas dirumah gatau kenapa tiap liat jendela, pintu kebuka, atau tangga tuh kebayang," tulis @apelibelxx. 

"Terutama "The Last Prayer" duhhhh jadi kebayang2 lagi deh pocong + suara ituuu," tulis @kus2kus. 

Baca juga: Lagu Rahasia Dendam OST Pengabdi Setan 2, Diciptakan dengan Romantis tetapi Jadi Seram

Lebih lanjut Joko Anwar mengunggah kutipan penjelasan dari Music Director film tersebut, Aghi Narottama tentang konsep Kepler Effect yang mereka gunakan di film Pengabdi Setan 2: Communion.

"Musik Pengabdi Setan 2 mengambil konsep 'kepler effect' (dari teori Kepler's Law of Planetary Motion)," ucap Aghi dalam kutipan yang diunggah Joko Anwar.

"Di mana suara-suara instrumen musik dan vokal manusia didesain seakan-akan bergerak dan berdistorsi dalam orbit yang melingkar," lanjutnya.

Konsep tersebut dikatakan bisa merepresentasikan kejadian dalam cerita, berputar mengelilingi energi gelap sebagai pusatnya.

Tak hanya bicara soal musik di film Pengabdi Setan 2: Communion, sebelumnya, melalui kanal YouTube Cinema 21, Joko Anwar juga sempat bicara tentang lagu "Rahasia Dendam" yang ada dalam album Kelam Malam dari Ibu atau Mawarni Suwono.

Joko Anwar menyebut lagu itu menyimpan jawaban atas banyak pertanyaan dalam film Pengabdi Setan 2.

"Kalau dibaca liriknya, lirik dari lagu 'Rahasia Dendam' yang ditampilkan di film Pengabdi Setan 2 yang berasal dari album Kelam Malam nya Ibu Mawarni Suwono," kata Joko Anwar.

"Akan jadi jawaban dari banyak sekali pertanyaan di cerita film Pengabdi Setan," imbuhnya sambil tersenyum.

Berikut ini lirik lagu dari soundtrack film Pengabdi Setan 2: Communion.

//Rahasia luka/ pernah kujaga/ tak ada yang tahu/ pembunuh hatiku/ ketuk penjaga/ gerbang di baka/ tuk trima jiwaku/ sampai akhir waktu//

//Namun seribu dendam/ halangi istirahat tenang/ kini ku kembali datang/ di hening dan durjana malam/ Jangan kau ragu/ semua dosamu/ akan jadi satu/ bersama rinduku//

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com