Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Film Thriller Berdasarkan Kisah Nyata, Penuh Misteri

Kompas.com - 20/07/2022, 17:52 WIB
Amara Elvita,
Inas Twinda Puspita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tercatat beberapa film thriller terinspirasi dari kisah nyata kasus pembunuhan yang pernah menggemparkan pada masanya.

Fakta bahwa pembunuh itu ada sosoknya di dunia nyata akan membuat film menjadi lebih menarik dan menegangkan.

Berikut 3 rekomendasi film berkisah tentang pembunuhan dari kisah nyata:

Baca juga: Sinopsis Seven Days, Konflik Batin Seorang Pengacara

1. The Chaser (2008)

The Chaser adalah film Korea Selatan yang dirilis pada 2008. Dibintangi aktor kawakan Ha Jung-Woo dan Kim Yoon-Seok, kisahnya mengambil dari kasus pembunuhan Yoo Young-Chul.

Pada 2004, Yoo Young-Chul menghebohkan Negeri Ginseng itu sebagai “the raincoat killer” yang membunuh orang-orang kaya dan para PSK.

Belasan orang diakui telah menjadi korban, bahkan dia tak segan memutilasi tubuh mereka. The Chaser berfokus pada muncikari yang curiga dengan hilangnya para PSK di bawah naungan rumah bordilnya, setelah dipesan oleh orang yang sama.

Baca juga: Sinopsis Fullmetal Alchemist The Revenge of Scar, Memburu Para Alkemis

2. Zodiac (2006)

Film ini dibintangi oleh dua aktor Avengers, Robert Downey Junior dan Mark Ruffalo, serta Jake Gyllenhaal. Ketiganya berperan sebagai penyidik dan wartawan yang sama-sama menyoroti sebuah kasus pembunuhan berantai tahun 60-an sampai 70-an di San Fransisco.

Sosok pembunuhnya sampai sekarang belum terungkap, namun dia selalu mengirimkan surat berisi tindak pembunuhannya ke media massa dengan identitas sebagai Zodiac.

Film ini berhasil menggambarkan taktik pembunuhan yang dilakukan oleh Zodiac. Rating Zodiac mendapatkan angka yang sangat bagus di situs Rotten Tomatoes, bahkan mencapai 89%. Zodiac juga menduduki film-film terhebat abad ke-21 versi BBC.

Baca juga: Sinopsis Victorias Secret: Angels and Demons, Tayang di Hulu

3. Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile (2019)

Siapa yang tidak mengenal Ted Bundy? Dia adalah pembunuh berantai (serial killer) Amerika Serikat yang mengakui pembunuhan dan pemerkosaan terhadap 30 wanita, bahkan beberapa percaya jumlahnya lebih dari itu.

Paras tampannya menjadi amunisi Ted untuk menipu korbannya. Sosoknya selalu dielu-elukan, karena itu banyak yang tertarik mengangkat aksi kejinya ke dalam sebuah film.

Dari sekian banyak film dokumenter tentang Ted Bundy, satu yang menarik ditonton adalah Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile yang rilis di Netflix pada 3 Mei 2019. Film ini dibintangi oleh Zac Efron sebagai Ted Bundy dan Lily Collins sebagai kekasih Ted, Elizabeth Kendall.

Berbeda dari film tentang Ted lainnya, film ini mengambil sudut pandang Liz yang tidak percaya bahwa Ted adalah seorang pembunuh. Ada juga sosok mantan istri Ted, Carole Ann Boone, yang juga meyakini Ted tidak bersalah.

Baca juga: Sinopsis The Brutal River, Teror Monster di Tepian Sungai Thailand

Itu dia 3 rekomendasi film thriller berdasarkan dari kisah nyata.

Selamat menonton!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com