Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Lagu Born Singer BTS, Masuk CD 1 Album Proof

Kompas.com - 09/05/2022, 10:38 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

KOMPAS.com - "Born Singer" mendadak menjadi trending topic Twitter sejak Big Hit Music merilis daftar lagu CD1 untuk album antologi BTS, Proof, Senin (9/5/2022) tengah malam waktu Korea.

"Born Singer" jadi lagu pertama yang masuk ke dalam album Proof. Selanjutnya CD1 di album antologi itu menyuguhkan single utama BTS sejak debut pada 2013 mulai dari "No More Dream" hingga lagu baru "Yet To Come".

Keberadaan "Born Singer" di CD1 album Proof menjadi perbincangan hangat lantaran lagu itu bukan single utama layaknya 18 lagu lain.

ARMY, sebutan untuk penggemar BTS, mulai emosional karena "Born Singer" adalah salah satu lagu bersejarah dalam perjalan musik BTS sebagai penyanyi hiphop.

Baca juga: BTS Rilis Daftar Lagu di CD 1 Album Proof

Kompas.com telah merangkum fakta-fakta lagu "Born Singer" yang akan dirilis secara komersial lewat album Proof.

  • Remake lagu J.Cole

Media lokal melabeli "Born Singer" sebagai cover karena lagu tersebut adalah remake dari "Born Sinner" milik J.Cole.

"Born Sinner" dirilis J.Cole pada 18 Juni 2013. Sementara BTS merilis "Born Singer" tepat satu bulan setelah debut mereka pada 13 Juni 2013.

"Born Singer" muncul dengan melodi dan lirik baru yang diciptakan oleh RM, Suga, dan J-Hope.

Baca juga: BTS Bagikan Jadwal Promosi dan Sampul Lagu Yet to Come

  • Dirilis di SoundCloud

BTS cukup sering merilis lagu-lagu mereka di SoundCloud, artinya lagu tersebut merupakan hadiah bagi penggemar karena bisa didengarkan secara gratis.

Beberapa di antara lagu BTS di SoundCloud adalah "Ddaeng", "Born Singer", hingga lagu solo seperti "Bicycle" dari RM dan "Promise" dari Jimin.

Sejak dirilis 8 tahun lalu, "Born Singer" telah diputar 17,8 juta kali di SoundCloud. Lewat album Proof, "Born Singer" nantinya bisa didengarkan di platform musik yang lebih besar seperti iTunes dan Spotify.

"Born Singer" juga dirilis di YouTube BANGTANTV pada waktu yang sama dan kini telah dilihat lebih dari 5 juta kali.

  • Lagu berisi perasaan BTS

Lirik lagu "Born Singer" diciptakan sendiri oleh rap-line BTS, di mana di sana tertuang isi hati member soal terwujudnya impian mereka debut menjadi musisi.

Baca juga: MV That That Milik PSY dan Suga BTS Capai 100 Juta Views dalam 7 Hari

Dalam bagian Suga, terdapat lirik, "Saat melalukan rap dan menari di atas panggung impianku, aku merasa hidup. Perjalana melelahkan saat pulang-pergi bekerja, aku bisa menahan semua itu."

Lalu terdapat ungkapan RM soal ketakutannya setelah debut, "Sejujurnya aku takut, aku mengatakan akan menunjukkan semuanya, tapi aku takut untuk membuktikan itu pada diri sendiri."

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com