Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Personel RAN Punya Proyek Masing-masing, Rayi Putra: Kacang Tidak Lupa Kulit

Kompas.com - 27/04/2022, 14:56 WIB
Revi C. Rantung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup musik RAN yang digawangi Rayi, Asta, dan Nino sudah 15 tahun berkecimpung di industri musik Tanah Air.

Kendati begitu, grup musik yang berdiri pada 2006 ini tetap saja kompak meski setiap personel memiliki proyek masing-masing.

Seperti Nino yang memiliki grup untuk memproduksi sebuah lagu, Asta yang memiliki usaha sendiri hingga Rayi yang mempunyai proyek solo.

Baca juga: Rayi RAN Sebut Mandalika Music Vibes Jadi Kesempatan Emas untuk Musisi Suguhkan Musik Indonesia

Berbincang-bincang dengan Melaney Ricardo dan Patricia Gouw, Rayi Putra mengatakan bahwa RAN akan selalu menjadi rumah bagi mereka.

“Insya Allah RAN akan selalu menjadi rumah kami, ibaratnya kacang tidak lupa kulit,” kata Rayi dikutip Kompas.com dalam YouTube TS Media, Rabu (27/4/2022).

Rayi menyebut, RAN menjadi grup yang membuatnya menjadi besar hingga saat ini.

Baca juga: Cara Rayi Putra dan Dila Hadju Ajarkan Anak Peduli Lingkungan

“Kalau misalnya enggak gara-gara RAN mungkin kesempatan yang kami miliki ini ya belum tentu ada atau kebuka,” ucap Rayi.

Sebelumnya, Rayi juga membeberkan alasan RAN masih tetap kompak sampai saat ini.

Bahkan grup musik asal Jakarta ini hampir tidak pernah diterpa isu tak sedap.

Baca juga: Lirik Lagu LAGI?, Singel Kolaborasi Rayi Putra dengan Laze

“Rahasianya jangan terlalu posesif (satu sama lain). Soalnya banyak kan band-band yang cukup posesif satu sama lainnya, lu enggak boleh bikin ini di luar (grup),” kata Rayi.

Bagi Rayi, sikap posesif antar personel nantinya bisa memicu sebuah grup atau band tersebut tak sehat bahkan bisa menimbulkan masalah lain.

“Sedangkan kami bertiga enggak begitu posesif. Kayak Nino bikin grup producing ama Lale dan Ilman, dan gue bikin proyek solo. Asta juga punya bisnis atau producing grup juga, ya sudah enggak apa-apa,” tutur Rayi.

Sebagai informasi, RAN sendiri merupakan grup musik yang berdiri pada 2006. Nama grup ini diambil dari huruf depan ketiga personel masing-masing.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com