Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak SD hingga Kuliah Alami Pelecehan Seksual, Aming Malah Dituding Menikmati

Kompas.com - 26/04/2022, 14:53 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aming mulai terbuka soal pengalaman pahitnya jadi korban pelecehan seksual selama bertahun-tahun.

Kata Aming, dia dilecehkan oleh orang terdekat sejak SD hingga kuliah.

Kisah pahit Aming menjadi korban pelecehan seksual pernah dibicarakan dalam beberapa podcast, namun keterbukaannya menuai respons negatif.

Aming dituding menikmati perlakuan pelecehan hanya karena hal itu terjadi selama bertahun-tahun.

Baca juga: Ternyata Ada Tujuan Mulia di Balik Tampilan Baru Aming

"Some of them, beberapa mempertanyakan, kok bisa sampai bertahun-tahun? Menikmati kali? Wow, gue bilang," ucap Aming dikutip Kompas.com dari YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, Selasa (26/4/2022).

Aming tak sangka tudingan itu muncul di tengah keberaniannya menceritakan pengalaman pahitnya. Aming tegaskan tak berniat panjat sosial maupun viral, tapi ia tetap dihakimi dengan buruk.

"Gue membuat pengakuan bukan untuk pansos atau viral enggak penting, gue tetap dihakimi seperti itu, luar biasa lho. Itu komentar yang enggak sengaja kebaca ya gitu, cuma ya wow, ya sudah ah orang beda-beda ya," ucap Aming.

Baca juga: Suka Tampil Nyeleneh, Aming: Dunia Fantasi Lebih Bikin Gue Happy

Aming lantas menceritakan bagaimana dampak buruk yang terjadi pada dirinya karena menjadi korban pelecehan seksual sejak duduk di bangku kelas 6 SD.

Aming menjelaskan bahwa pelaku pelecehan seksual terhadapnya adalah orang dewasa yang sudah dianggap sebagai saudara sendiri.

Aming yang lahir dan tumbuh di tengah keluarga broken home mulanya berpikir bahwa orang dewasa itu akan jadi sosok panutan dalam hidup, layaknya seorang ayah.

"Bokap gue kan nikah mulu, otomatis gue abandoned, ditiggalkan, terlantar gitu kan, makannya gue fatherless, father hunger, datang lah orang ini, i thought he was gonna be my role model, enggak tahunya gue malah dimanfaatin," kata Aming.

Baca juga: Aming Ungkap Pelecehan yang Dialaminya Bertahun-tahun

Menjadi korban pelecehan seksual membuat Aming merasa tidak berharga. Ia pun tak kuasa melapor pada orang dewasa lain karena pelaku bersikap manipulatif.

"Pada saat gue mau bercerita ke keluarga gue, gue juga takut karena ini orang terdekat, dia melakukan semacam gaslighting," ucap Aming.

Dikutip dari Kompas.com, Aming mengaku pernah melakukan percobaan bunuh diri karena kisah pahit masa lalunya.

"Aku pernah di situasi paling buruk, aku pernah hampir bunuh diri tapi gagal," ujar Aming.

Baca juga: Cerita Aming Pernah Diperkosa dan Dilecehkan Orang Terdekat Selama Bertahun-tahun

"Gue sempet minum obat penenang banyak. Mati kagak, muntah-muntah iya. Kok enggak mati, kok gini rasanya," kata Aming menertawakan hidupnya

Selanjutnya, Aming hiatus bertahun-tahun dari dunia hiburan. Aming mengaku mengalami depresi berat dan butuh waktu lama baginya untuk bisa menerima bahwa apa yang terjadi dalam hidupnya bukan salahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com