Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitar Ikonik Kurt Cobain Segera di Lelang

Kompas.com - 12/04/2022, 12:54 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gitar ikonik yang digunakan Kurt Cobain dalam video musik Nirvana lagu "Smells Like Teen Spirit" akan dilelang untuk pertama kalinya.

Gitar elektrik Fender Mustang Lake Placid Blue 1969 itu bakal dilelang dalam acara "Music Icons" selama tiga hari mulai dari 20 sampai 22 Mei 2022 di Hard Rock Cafe New York dan juga secara daring.

Gitar tersebut diperkirakan akan berada di kisaran harga 600.000 dollar AS (Rp 8,6 miliar) hingga 800.000 dollar AS (Rp 11,4 miliar). Sementara, perkiraan untuk NFR berada di kisaran 6.000 (Rp 82 juta) hingga 8.000 dollar AS (Rp 114 juta).

Di NFT, teknisi gitar Cobain, Earnie Bailey bakal membahas signifikansi historis dari barang ikonik tersebut.

Baca juga: Matt Reeves Sebut Batman Versi Robert Pattinson Terinspirasi dari Kurt Cobain

Barang lain dalam pelelangan adalah sedan empat pintu milik Cobain berjenis Dodge Dart 170 keluaran tahun 1965, satu-satunya kendaraan yang diketahui dimiliki dan dikendarai olehnya.

Mobil, yang dikenal sebagai "Baby Blue," diperkirakan mulai dari kisaran 400.000 dollar AS hingga 600.000 dollar AS.

Kendaraan yang masih layak dipakai itu dilengkapi dengan nomor polisi asli dan judul kendaraan yang menunjukkan kepemilikan Cobain dan Courtney Love.

Lelang juga menampilkan NFT dari sweter Fetalini yang dikenakan Cobain dalam video klip "Spirit" Nirvana dengan perkiraan harga 6.000 dollar AS hingga 8.000 dollar AS.

Baca juga: Terpukul karena Kematian Kurt Cobain, Dave Grohl Kabur ke Irlandia

Selain itu, ada sepatu Converse Jack Purcell, dek skateboard Iron Maiden 1985, gambar Michael Jackson yang dibuat Cobain, dan kartu akses Cobain dari In Utero Nirvanatur.

Ada juga boarding pass United Airlines Cobain untuk penerbangan dari Seattle ke Chicago dan mainan Pokey miliknya yang dapat ditekuk dari Gumby dengan tulisan “Nirvana”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com