Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Tayang, Aksen Oscar Isaac di Moon Knight Tuai Kritik

Kompas.com - 31/03/2022, 15:43 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Sempat mendapat pujian atas pemilihan Oscar Isaac sebagai keluarga baru Marvel Cinematic Universe, tapi ternyata aksen Inggris Oscar Isaac di Moon Knight menuai kritik.

Oscar Isaac berperan sebagai Marc Spector (Moon Knight), seorang penjaga dengan Gangguan Identitas Disosiatif (DID) dan kekuatan super yang berakar pada dewa Bulan Mesir Kuno, Khonshu.

Ketika pertama kali bertemu dengan karakter Isaac, dia berperan sebagai pekerja toko suvenir museum yang sopan bernama Steven Grant.

Kritik menjelang perilisan Moon Knight pada 30 Maret 2022 fokus pada betapa berbakatnya Oscar Isaac sebagai aktor dan perbedaan aksennya dalam pertunjukan Marvel.

Namun sejak Marvel mengungkapkan cuplikan Moon Knight pertama di Disney+ Day, Moon Knight telah terganggu oleh betapa buruknya aksen Inggris Isaac. Atau setidaknya betapa anehnya dia terdengar.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Serial Moon Knight, Punya Kepribadian Ganda?

Mengingat fakta bahwa karakternya, Marc Spector adalah orang Amerika sejak lahir, pertanyaan itu menjadi lebih memprihatinkan.

Moon Knight episode 1 mengungkapkan aksen adalah bagian dari kinerja yang sangat istimewa, dengan kebiasaan yang dibangun ke dalam karakter Steven Grant yang dirancang untuk memainkan misteri asalnya.

Steven adalah kebalikan total dari sesama alter Marc Spector, yang memiliki kendali atas kekuatan Moon Knight dan kekakuannya menggarisbawahi perbedaan itu.

Itu jelas, bahkan dengan elemen unik aksen yang dituju Oscar Isaac di Moon Knight menunjukkan bahwa Steven berasal dari London Timur, karena ada petunjuk Cockney yang berbeda.

Biasanya, aksen tersebut diasosiasikan dalam film dan acara TV dengan area kelas pekerja, yang belum pernah diperlihatkan versi MCU Inggris.

Mengingat latar belakang Moon Knight dari komik Marvel, aksennya mungkin tidak ditampilkan setiap saat sepanjang pertunjukan, tapi itu cukup menjadi poin mencolok di Moon Knight episode 1 yang perlu untuk dieksplorasi.

Baca juga: Marvel Kembangkan Proyek Nova dengan Penulis Moon Knight

Aksen Oscar Isaac untuk Steven akan terdengar salah bagi siapa pun dari Inggris, dan khususnya penduduk asli London, bukan hanya karena pengucapannya sedikit salah, dan kadang-kadang sedikit seperti aksen Mary Poppins karya Dick Van Dyke, tetapi karena apa yang dia katakan.

Steven berbicara seolah-olah dia memberi aksen, tetapi tidak menyadari karena asal usul Moon Knight yang misterius.

Ada rasa kurang percaya diri dalam cara dia berbicara, yang sesuai dengan latar belakang Steven, dan fakta bahwa Steven adalah pelindung dalam sistem DID yang juga dimiliki oleh Marc.

Dia tidak hanya melindungi tubuh mereka bersama dari trauma dengan membatasi kontrol Marc, tetapi kepribadiannya dibangun secara sadar untuk menjadi aneh dan untuk menghindari kontak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com