Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Academy Sebut Will Smith Sempat Diusir dari Oscar 2022 Usai Tampar Chris Rock, tapi Menolak

Kompas.com - 31/03/2022, 12:25 WIB
Revi C. Rantung,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com - The Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengeluarkan pernyataan terbaru usai insiden Will Smith menampar Chris Rock di atas panggung Oscar 2022, Minggu (27/3/2022) waktu setempat.

Dilansir dari People, Kamis (31/3/2022), pihak The Academy rupanya sempat meminta Will Smith untuk meninggalkan acara penghargaan usai insiden terjadi.

Namun, Will Smith menolaknya dan tetap berada di tempat acara, Dolby Theatre, Los Angeles.

"Segalanya terungkap dengan cara yang tidak dapat kami antisipasi," bunyi pernyataan yang dikeluarkan The Academy kepada People.

Baca juga: The Academy Memulai Proses Disiplin terhadap Will Smith

“Meskipun kami ingin mengklarifikasi bahwa Tuan Smith diminta untuk meninggalkan upacara dan menolak, kami juga menyadari bahwa kami dapat menangani situasi secara berbeda,” tambah pernyataan tersebut.

Saat ini, proses disiplin terhadap Will Smith diketahui telah ditempuh oleh pihak The Academy.

"Dewan Gubernur hari ini memulai proses pendisiplinan terhadap Tuan Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Akademi, termasuk kontak fisik yang tidak pantas, perilaku kasar atau mengancam, dan kompromi integritas Akademi," bunyi pernyataan tersebut.

"Sesuai dengan Standar Perilaku Akademi, serta hukum California, Mr. Smith diberikan pemberitahuan pemungutan suara setidaknya 15 hari sebelumnya mengenai pelanggaran dan sanksinya, dan kesempatan menanggapinya secara tertulis,” bunyi pernyataan itu lagi.

Baca juga: Chris Rock Akhirnya Muncul Usai Insiden Penamparan dan Jada Pinkett Buka Suara

Aktor Will Smith (kanan) menampar koleganya Chris Rock di panggung Oscar yang digelar di Dolby Theatre di Hollywood, California, Minggu (27/3/2022).AFP/ROBYN BECK Aktor Will Smith (kanan) menampar koleganya Chris Rock di panggung Oscar yang digelar di Dolby Theatre di Hollywood, California, Minggu (27/3/2022).

Kemudian, pihak The Academy akan kembali menggelar rapat pada 18 April mendatang tentang tindak selanjutnya terhadap bintang film King Richard itu.

Sebelumnya, The Academy telah menyampaikan permintaan maaf kepada komedian Chris Rock atas insiden yang terjadi di panggung Oscar 2022.

Bahkan, The Academy telah memberikan surat permintaan maaf secara resmi kepada Chris Rock yang berbunyi demikian.

Tuan Rock, kami mohon maaf atas apa yang Anda alami di panggung kami dan terima kasih. Kami juga meminta maaf kepada nominasi, tamu, dan pemirsa kami atas apa yang terjadi selama acara yang seharusnya menjadi sebuah perayaan,” bunyi surat tersebut.

Baca juga: Ketika Will Smith Minta Maaf dan Chris Rock Masih Syok...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com