Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oscar 2022 Beri Ruang untuk Ukraina, Volodymyr Zelensky Bakal Tampil?

Kompas.com - 28/03/2022, 09:58 WIB
Melvina Tionardus,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siaran ajang penghargaan Oscar 2022 akan mengakui keberadaan rakyat Ukraina kata produser Will Packer saat di karpet merah, Senin (28/3/2022).

Packer menjawab pertanyaan tentang apakah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan muncul di acara itu, sesuatu yang menurut pembawa acara Amy Schumer patut untuk terjadi.

Packer mengatakan, ajang tersebut harus mencapai keseimbangan.

Baca juga: Encanto Raih Penghargaan Best Animated Feature Film Oscar 2022

“Ini tentang kesenangan, ini tentang pesta pora. Tapi kami sangat bersyukur, saya pikir, sebagai sebuah industri dan sebagai sebuah komunitas kita tentu harus bahkan bisa mengadakan malam seperti ini," kata Packer.

"Jadi kita pasti akan mendapat pengakuan atas masa-masa penuh gejolak yang kita alami saat ini dan orang-orang Ukraina," ucapnya.

Adapun pemenang Oscar dua kali, Sean Penn, juga bersumpah akan "melebur" patung-patung penghargaannya jika Academy Awards tidak mengundang Zelensky untuk tampil.

Baca juga: BTS Muncul Secara Virtual di Oscar 2022

Beberapa presenter, nominee, dan pemenang sebelumnya berjalan di red carpet Oscar termasuk Jamie Lee Curtis, Diane Warren, Youn Yuh Jung, dan Paolo Sorrentino.

Mereka juga mengenakan pita biru dengan tagar #WithRefugees, bagian dari upaya Pengungsi PBB.

Sampai saat ini, menurut PBB, perang di Ukraina telah menyebabkan lebih dari 3,7 juta pengungsi meninggalkan negara itu dan membunuh hampir 1.000 warga sipil.

Baca juga: Troy Kotsur Jadi Aktor Penyandang Disabilitas Pertama yang Raih Oscar

Zelensky juga adalah seorang aktor dan komedian sebelum ia terpilih menjadi presiden pada 2019.

Dari 2015 hingga 2019, Zelensky membintangi Servant of the People, sebuah sitkom yang ia buat tentang seorang presiden Ukrania yang baru terpilih yang menanamkan kembali harapan dalam demokrasi kepada rakyatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com