Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Losmen Bu Broto Didedikasikan untuk Perempuan Indonesia

Kompas.com - 23/09/2021, 18:08 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Losmen Bu Broto direncanakan bakal tayang serentak di bioskop Tanah Air pada 18 November 2021.

CEO sekaligus produser eksekutif rumah produksi Ideosource Entertainment, Andi Boediman, menegaskan film garapan sutradara Ifa Isfansyah itu didedikasikan untuk perempuan Indonesia.

Baca juga: Ketika Mathias Muchus Goda Sandiaga Uno yang Masuk Jajaran Cast Losmen Bu Broto

"Film ini kita dedikasi kan untuk perempuan di Indonesia. Konflik yang mau kita angkat adalah peran ibu terhadap dua anak ini seperti apa," ucap Andi dalam jumpa pers di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/9/2021).

Dengan begitu, Andi menggarisbawahi, film Losmen Bu Broto bukan hanya mengajak penonton untuk bernostalgia ke masa lampau.

"Film ini bukan tentang nostalgia masa lalu, tapi konflik wanita Indonesia. Tantangan sebagai seorang ibu seperti apa," ungkap Andi.

Baca juga: Paragon Picture Umumkan Tanggal Penayangan Film Losmen Bu Broto di Bioskop

Di sisi lain, Andi juga menanggapi perihal Losmen Bu Broto yang kental dengan budaya hingga keseharian Yogyakarta.

Mengenai hal itu, Andi menegaskan Losmen Bu Broto tidak sama sekali bertujuan untuk menampilkan sisi budaya Yogyakarta.

Andi ingin berbagi kepada masyarakat yang tinggal di luar pulau Jawa untuk ikut merasakan kesinambungan dari keluarga Broto.

Baca juga: Ketika Sandiaga Uno Salah Pidato di Jumpa Pers Film Losmen Bu Broto

Dia beserta tim sangat berhati-hati dalam bekerja agar film tersebut dapat dinikmati semua kalangan dan setiap orang di luar pulau Jawa.

"Bahwa kita berasal dari Yogyakarta, tapi kami tidak ingin buat cerita ini sangat Yogyakarta yang tidak bisa dinikmati secara umum," kata Andi.

"Kalau dulu kita lihat sangat Yogyakarta banget, tapi sekarang kita bikin ini relate untuk semua keluarga. Kita sangat hati-hati dengan itu, membuat ini bisa dinikmati secara umum," lanjutnya.

Baca juga: Film Losmen Bu Broto Rampungkan Proses Syuting

Untuk diketahui, film Losmen Bu Broto diadaptasi dari serial legendaris Losmen yang tayang di TVRI pada 1980-an.

Walau begitu, film Losmen Bu Broto sedikit berbeda dengan serial Losmen karena menceritakan rentetan Bu Broto dalam membangun Losmen di daerah Yogyakarta.

Selain itu, film Losmen Bu Broto itu juga menitikberatkan kepada konflik Bu Broto dengan kedua anak perempuannya, Mbak Pur dan Jeng Sri.

Baca juga: Di Balik Film Losmen Bu Broto, Mathias Muchus Merasa Hidup Kembali dan Tantangan Maudy Koesnadi

Dalam serial tersebut, terdapat artis senior papan atas yang terlibat yakni ada Mieke Wijaya, Mang Udel, Sutopo HS, Mathias Muchus, Ida Leman, Eeng Saptahadi, dan Dewi Yull.

Serial yang diciptakan Tatiek Maliyati dan Wahyu Sihombing itu sempat berjaya dengan 31 episode dan juga merupakan cikal bakal sinetron drama di Indonesia.

Losmen Bu Broto juga diisi oleh Maudy Koesnaedi, Baskara Mahendra, Maudy Ayunda, Danilla Riyadi, Putri Marino, Erick Estrada, dan yang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com