Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK Janji Distribusikan Hasil Karya Pemenang ACFFest 2021

Kompas.com - 01/09/2021, 19:26 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berjanji mendistribusikan film-film pemenang Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) 2021.

Dari beberapa kategori yang diperlombakan, KPK nantinya akan membawa hasil kreasi para peserta untuk mengkampanyekan anti-korupsi ke berbagai daerah di Indonesia.

"Untuk distribusi kami akan gunakan dengan memanfaatkannya sebagai edukasi anti-korupsi," kata Dotty Rahmatiasih, Kasatgas Kampanye Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Anti-Korupsi dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: KPK Tak Batasi Ide Kreatif Peserta ACFFest 2021

KPK juga mengaku sudah bekerja sama dengan beberapa platform digital untuk memutarkan hasil kreasi para peserta di ajang ACFFest 2021.

KPK bahkan memberikan dukungan penuh jika para pemenang ingin mengikutsertakan hasil karyanya ke kompetisi festival film Indonesia atau pun dunia.

Total hadiah sebesar Rp 250 juta sudah disiapkan KPK untuk empat kategori, yakni kompetisi film pendek fiksi/komedi, film pendek dokumenter, film pendek animasi, dan TikTok anti-korupsi.

Baca juga: Gelar Anti-Corruption Film Festival, KPK Ajak Generasi Muda Bangkit dan Berkreasi

Selain itu, ada pula kompetisi proposal ide cerita film yang dikhususkan untuk 10 pemenang.

Setiap pemenang nantinya akan mendapat pendanaan produksi dari KPK senilai Rp 30 juta dan berhak mengikuti Movie Camp Online serta mendapat pendampingan teknis dari mentor profesional.

Kompetisi proposal ide cerita ACFFest 2021 dibuka sejak 1-30 September 2021.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Tentang Agen Rahasia

Pembuat film akan diberikan waktu untuk produksi film selama 2 bulan sejak Oktober-November 2021.

Film-film yang telah selesai diproduksi dan diberikan penilaian, kemudian akan diputar pada rangkaian ACFFest Screening Day dan malam penganugerahan ACFFest 2021.

Acara itu akan disiarkan di salah satu TV nasional pada Desember mendatang berbarengan dengan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com