Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinopsis Dr. Strangelove, Sebuah Satire Bertemakan Perang Nuklir

Kompas.com - 28/07/2021, 16:14 WIB
Jonathan Dante Timesmei Manao,
Biru Cahya Imanda

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDr. Strangelove or: How I Stopped Worrying and Love the Bomb merupakan satu-satunya film karya Stanley Kubrick yang mengusung genre perang, namun dibalut dengan unsur komedi.

Film yang pertama kali dirilis pada 1964 ini merupakan sebuah satire terhadap kekhawatiran akan terjadinya perang nuklir antara Uni Soviet dan Amerika Serikat pada era Perang Dingin.

Uniknya, selain menjadi film pertama dan terakhir Stanley yang mengusung genre komedi, Dr. Strangelove juga menggaet aktor Peter Sellers untuk memerankan tiga karakter berbeda.

Baca juga: Sinopsis North by Northwest, Misteri Thriller Klasik Karya Alfred Hitchcock

Aktor dan komedian kelahiran 1925 itu berperan sebagai Kapten Grup Lionel Mandrake, Presiden Merkin Muffley, dan Dr. Strangelove sendiri.

Dalam film ini, dikisahkan seorang Brigadir Jenderal Angkatan Udara Amerika bernama Jack D. Ripper (Sterling Hayden) memerintahkan salah satu pengebomnya yang tengah berpatroli untuk menjatuhkan nuklir di daerah USSR atau Union of Soviet Socialist Republic.

Sayangnya, keputusan ini ia ambil tanpa sepengetahuan atasannya.

Baca juga: Sinopsis LImmortale, Manusia yang Tak Bisa Dibunuh, Segera di HBO Max

Ketika Kapten Grup Lionel berusaha menghentikannya, Jack menjelaskan bahwa hal ini ia lakukan karena dirinya yakin Uni Soviet tengah berkonspirasi untuk mencemari cairan berharga dalam tubuh orang Amerika melalui persediaan air negeri Paman Sam tersebut.

Lionel pun terkejut akan hal itu dan sadar bahwa Jack ternyata sudah tidak waras.

Sementara itu, Presiden Merkin Muffley bersama dengan Jenderal Buck Turgidson (George C. Scott), Dr. Strangelove, dan para petinggi lainnya berkumpul di War Room yang berlokasi di Pentagon.

Baca juga: Sinopsis The Chair, Sandra Oh Jadi Ketua Departemen, Segera di Netflix

Di sana, semuanya berusaha mencari cara agar kecerobohan salah satu jenderal mereka tersebut tidak memicu terjadinya perang nuklir antara Amerika dan Uni Soviet.

Keputusan apakah yang akan mereka ambil?

Ikuti kelanjutannya dalam film Dr. Strangelove yang dapat Anda saksikan di layanan streaming HBO Max.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com