Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Mulai Melonggarkan Pembatasan Sosial untuk Konser Kpop

Kompas.com - 15/06/2021, 08:55 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Korea Selatan mulai melonggarkan pembatasan pada konser berskala besar dan acara olahraga pada Senin (14/6/2021). Peraturan pelonggaran itu mengikuti pengumuman sebelumnya yang diumumkan Jumat (11/6/2021).

Oleh karena itu, mulai Senin (14/6/2021), konser KPop dan pertunjukan budaya lainnya bisa dihadiri penonton dengan kapasitas maksimal 4.000 orang.

Jumlah ini naik secara besar-besaran dari batas kapasitas di bawah 100 orang sejak akhir tahun 2020.

Stadion olahraga akan dapat beroperasi dengan kapasitas 30 persen hingga 50 persen, tergantung pada distriknya, naik dari 10 persen sebelumnya.

Keputusan tersebut diambil setelah Korea Selatan hanya melawan sekelompok kecil infeksi virus corona dalam beberapa bulan terakhir.

Jumlah infeksi harian mencapai level terendah dalam dua bulan pada hari Minggu (13/6/2021), sementara pemerintah telah mendorong upaya vaksinasi.

Menurut Direktur Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) Jeong Eun Kyeong, Korea Selatan telah memberikan dosis pertama vaksin kepada lebih dari 11,8 juta orang atau 23 persen dari populasi negara itu.

Itu di bawah tingkat vaksinasi yang terlihat di banyak negara maju, seperti 61 persen di Inggris, tetapi lebih tinggi dari 12 persen di Jepang.

Pemerintah juga mengatakan akan melonggarkan beberapa pembatasan karantina untuk pengunjung luar negeri yang telah divaksinasi sepenuhnya.

Menurut otoritas setempat, mulai 1 Juli, beberapa dari para pelancong dapat mengajukan permohonan pengecualian dari keharusan menjalankan karantina wajib selama dua minggu di Korea Selatan.

Namun dengan syarat, mereka datang ke Korea Selatan untuk mengunjungi keluarga atau bepergian untuk tujuan bisnis, akademisi, atau kepentingan umum.

Agen perjalanan Korea Selatan juga sedang mempersiapkan paket perjalanan baru setelah pengumuman pemerintah pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com