Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muyaho, Meme Baru yang Jadi Trend di Kalangan Idol Kpop

Kompas.com - 23/03/2021, 15:11 WIB
Melvina Tionardus,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencinta Kpop mungkin belakangan ini bingung melihat idol mereka menaruh dua telapak tangannya di samping mulut sambil mengucapkan kata "muyaho".

Tidak hanya satu, banyak idol dilanda demam meme muyaho di berbagai kesempatan.

Sebut saja Chanwoo iKON, Stray Kids, ATEEZ, SF9, Brave Girls, Kai EXO, Taeyeon SNSD, hingga Rosé BLACKPINK yang baru debut solo dan masih promosi di acara musik mingguan Korea Selatan.

Beberapa idol juga memakainya ketika menulis di media sosial.

Lantas, bagaimana trend ini bisa terjadi? Dari mana asalnya?

"Muyaho" sebenarnya tidak memiliki arti.

Kata ini berasal dari seorang pria paruh baya bernama Choi Gyu Jae saat muncul di variety show "Infinity Challenge" pada 2010.

Ia dulu bertugas di salah satu instansi pemerintah Korea di Alaska. Kala itu ia hendak meneriakkan kata "Muhan Dojeon", yakni nama Korea untuk "Infinity Challenge".

Namun karena ketidaktahuannya, ia jadi mengucapkan "muyaho".

Pria asal Korea Selatan bernama Choi Gyu Jae mengucapkan muyaho saat menjadi bintang tamu di program Infinity Challenge pada 2010. YouTube A_ssong Pria asal Korea Selatan bernama Choi Gyu Jae mengucapkan muyaho saat menjadi bintang tamu di program Infinity Challenge pada 2010.
Pada akhir 2020, meme ini sempat viral di kalangan fans sepak bola lewat parodi yang menggabungkan suara muyaho dengan video wawancara pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

Mengutip Newsen, muyaho dipakai untuk menunjukkan seseorang yang bersemangat.

Meme ini kembali terkenal karena netizen Korea senang memakai subtitle dan komentar yang telah disebutkan dalam "Infinite Challenge" setiap kali terjadi berbagai insiden dunia.

"Infinite Challenge" juga dianggap bisa memprediksi berbagai kejadian.

Variety show itu sempat menampilkan adegan membatasi orang bepergian, seperti keadaan pandemi Covid-19 sekarang.

Adapun Cho Gyu Jae masih tinggal di Alaska dan rindu kampung halamannya.

"Jika orang-orang di Korea mengingat saya dan menanyakan keselamatan saya, saya ingin mengatakan, saya baik-baik saja dan sehat," kata Choi Gyu Jae kepada Huffington Post Korea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com