Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikritik, Adegan Jennie BLACKPINK Berbaju Perawat Akan Dihapus dari Lovesick Girls

Kompas.com - 07/10/2020, 13:05 WIB
Melvina Tionardus,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Soompi

KOMPAS.com - Agensi yang menaungi girl group BLACKPINK, YG Entertainment, membuat keputusan terkait kontroversi musik video "Lovesick Girls".

YG Entertainment akan menghilangkan adegan saat Jennie BLACKPINK memakai baju perawat.

"Kami telah memutuskan untuk mengedit semua adegan dengan seragam perawat di video musik BLACKPINK "Lovesick Girls" dan kami akan mengganti videonya secepat mungkin," kata YG Entertainment, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: The Album Pecahkan Rekor, BLACKPINK Jadi Girl Group Kpop dengan Penjualan Album Terlaris

Agensi tersebut menyatakan, mereka sama sekali tidak bermaksud menyinggung profesi perawat.

"Selama mengerjakan video musik untuk waktu yang lama, kami tidak menyangka masalah ini akan menjadi besar karena (adegan) tidak memiliki maksud khusus untuk itu," ujar agensi itu.

"Kami merasa sangat bertanggung jawab untuk ini dan akan menganggapnya sebagai kesempatan untuk belajar secara mendalam," lanjut YG Entertainment.

Baca juga: Denny Cagur Kesulitan Hafalkan Nama Member BLACKPINK dan Ketagihan Belanja Online

Di akhir kata, YG Entertainment meminta maaf sekaligus mengapresiasi kerja keras para perawat selama ini.

"Kami menyampaikan permintaan maaf kami kepada perawat yang merasa tidak nyaman dan kami sekali lagi menyampaikan rasa hormat kami kepada semua petugas kesehatan yang bekerja keras demi kesehatan warga," pungkas YG Entertainment.

Sebelumnya, video musik lagu utama terbaru dari full album bertajuk The Album itu dikecam oleh Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea.

Baca juga: BTS dan BLACKPINK Raup Nominasi di MTV EMA 2020

Serikat tersebut menganggap penggambaran seorang perawat dalam video musik "Lovesick Girls" berkontribusi pada stereotip yang menyimpang tentang perawat.

"Topi, rok ketat dan pendek, dan sepatu hak tinggi sangat berbeda dari seragam perawat yang sebenarnya. Pakaian dan penggambarannya secara langsung meniru stereotip seksual yang khas dan berdalih menyebutnya sebagai 'kostum' sederhana," isi kecaman itu.

Video musik "Lovesick Girls" sendiri sudah tayang di YouTube BLACKPINK sejak 2 Oktober 2020 pukul 13.00 KST (11.00 WIB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com