Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Mudik Kembali Wakili Indonesia di Ajang Penghargaan Internasional

Kompas.com - 05/03/2020, 06:45 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Mudik karya sineas Indonesia, Adriyanto Dewo bakal berkompetisi lagi di ajang festival film internasional, yakni CinemAsia Film Festival yang akan digelar di Amsterdam, Belanda.

Sebelumnya, film Mudik juga pernah berkompetisi dalam 4th International Film Festival & Awards Macao (IFFAM) pada Desember 2019 lalu.

Film hasil produksi Relate Films dan Lifelike Pictures ini kembali menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang berkompetisi pada kategori Jury Award bersama tujuh film Asia lainnya di CinemAsia Film Festival.

Baca juga: Vakum 20 Tahun, Novia Kolopaking Didorong Cak Nun Main Film Lagi

Mudik akan diputar pada 4 Maret 2020 pukul 19.00 waktu setempat dan 8 Maret 2020 pukul 17.00 waktu setempat di Rialto Bovenzaa.

CinemAsia akan menjadi European Premiere untuk film Mudik yang menggunakan judul internasional Homecoming.

Berkait hal ini, Sheila Timothy selaku co-producer Lifelike Pictures bangga film garapannya bersama rekan-rekan bisa kembali menghiasi festival film internasional.

"Senang sekali karena film Mudik bisa kembali mewakili sinema Indonesia untuk berkompetisi di festival internasional. Setelah IFFAM di Desember kemarin, CinemAsia akan menjadi festival selanjutnya bagi film Mudik sebelum rilis di Indonesia pada tahun ini," ujar Sheila Timothy seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis yang diterima, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Sinopsis Film Onward, Petualangan Mencari Sisa-sisa Keajaiban Dunia

Mudik bercerita tentang Aida (Putri Ayudya) yang memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik bersama sang suami, Firman (Ibnu Jamil) ke kampung halaman mereka sekaligus untuk menemukan solusi atas konflik rumah tangga yang sedang dihadapi.

Dalam perjalanan tersebut, tak sengaja mereka terlibat dalam sebuah kecelakaan yang akhirnya merenggut nyawa suami orang lain.

Dalam prosesnya menghadapi kejadian yang tidak terduga ini, Aida dipaksa untuk menemukan jawaban yang selama ini tersimpan di dalam hidupnya.

Baca juga: Di Balik Layar Viralnya PADAR, Film Animasi Karya Anak Bangsa

CinemAsia Film Festival sendiri adalah sebuah festival film tahunan di Eropa yang berfokus pada film-film independen dari Asia.

Edisi ketigabelas CinemAsia akan digelar pada 4–8 Maret 2020 di Amterdam, Belanda.

Sekitar 30 film dari berbagai negara Asia yang akan diputar terbagi dalam beberapa kategori, seperti Official Selection, LGBTQ, dan Diaspora.

Selain Mudik, ada beberapa film Indonesia yang akan ditayangkan sebagai Official Selection Screening, yaitu A Man Called Ahok, Bumi Manusia, dan Gundala.

Film Mudik disutradarai oleh Adriyanto Dewo dan dibintangi oleh Putri Ayudya, Ibnu Jamil, Asmara Abigail, dan Yoga Pratama akan rilis di bioskop Indonesia pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com