Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parasite Dapat 6 Nominasi Oscar, Ini Kata Sutradara Bong Joon Ho

Kompas.com - 14/01/2020, 11:18 WIB
Kistyarini

Editor

KOMPAS.com - Sutradara Parasite Bong Joon Ho mengaku terkejut sekaligus bahagia film karyanya meraup enam nominasi Oscar 2020.

Pada pengumunan nominasi Academy Awards (Oscar), Senin (13/1/2029), Parasite mendapat nominasi di sejumlah kategori utama termasuk film terbaik, sutradara terbaik, dan naskah asli terbaik.

“Setiap kali mereka mengumumkan nominasi baru, rasanya mendebarkan, karena kami sama sekali tidak mengira,” kata Bong kepada Reuters Television di California.

Sebelumnya Bong Joon Ho mengatakan film-film internasional atau non-Hollywood harus menghadapi tantangan berupa kendala bahasa di seluruh dunia.

Namun dengan filmnya mendapat nominasi, dia menganggap kendala bahasa itu sudah runtuh.

Baca juga: Cetak Sejarah, Film Parasite Raup 6 Nominasi Oscar 2020

“Kami bisa mengatakan berkat internet, media sosial, dan layanan streaming, penonton tidak lagi mengalami kendala bahasa yang terlalu besar. Mungkin Parasite mendapat keuntungan dari tren global itu,” lanjut Bong Joon Ho.

Sementara itu rumah produksi NEON merilis video di media sosial yang menunjukkan reaksi pemeran utama Parasite Song Kang Ho saat menyaksikan siaran pengumuman Oscar.

Song Kang Ho berhasil tidak menumpahkan kopi dari cangkirnya ketika dia bersama beberapa orang mendengarkan pengumuman itu.

Baca juga: Menangi Golden Globe 2020, Film Parasite Dilirik Jadi Miniseri di HBO

Tanda bahwa Anda superstar global: kopi Anda tidak tumpah ketika film Anda masuk nominasi film terbaik. Song Kang Ho… RESPECT,” tulis akun NEON.

Nominasi untuk Parasite adalah Best Picture, Best Director, Best Original Screenplay, Best International Film, Best Editing, dan Best Production Design.

Parasite merupakan film Korea Selatan pertama yang mendapat nominasi di Academy Awards (Oscar).

Baca juga: Sutradara Film Parasite Puji Pengaruh BTS di Golden Globe 2020

Sepanjang musim penghargaan perfilman 2020, Parasite telah merebut sejumlah pernghargaan.

Pada ajang Golden Globes beberapa pekan lalu, Parasite dinobatkan sebagai film berbahasa asing terbaik.

Sementara itu Critics' Choice Awards, yang digelar sehari sebelum pengumuman nominasi Oscar, memilih Bong Joon Ho sebagai sutradara terbaik bersama Sam Mendes yang membesut fil, 1917.

Baca juga: Film Korea Parasite Jadi Film Berbahasa Asing Terbaik di Golden Globe 2020

Parasite diputar perdana di Festival Film Cannes 2019. Saat itu sambutan begitu meriah diberikan kepada Bong Joon Ho dan para pemeran Parasite usai pemutaran film.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com