Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2024, 15:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci membantu tugas mencuci pakaian menjadi lebih cepat dan ringan. 

Namun, sama dengan peralatan elektronik lainnya, mesin cuci memiliki batas usia pemakaian. Umumnya, mesin cuci dapat bertahan dari tujuh hingga 15 tahun, tergantung pada seberapa sering menggunakannya dan perawatan yang dilakukan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas dan Depan

Tentu saja, penyalahgunaan dan kecelakaan dapat memperpendek usia mesin cuci. Kelebihan beban, menggunakan bahan pembersih yang salah, saluran air atau listrik, serta meninggalkan benda logam runcing, seperti peniti, gantungan baju, dan pengait, dapat membuat mesin cuci berada di bawah perkiraan tersebut.

Mesin cuci bukaan atas adalah gaya tradisional dan klasik, yang sering kali bertahan hingga 15 tahun. Namun, mesin ini rentan terhadap beban berlebih, yang menyebabkan kerusakan.

Charlotte Granville, spesialis renovasi rumah di Fixr.com, mengatakan mesin cuci bukaan depan biasanya bertahan sedikit lebih lama daripada mesin bukaan atas.

"Namun, mesin bukaan depan lebih rentan terhadap jamur jika tidak dirawat dengan benar," kata Granville. 

Ada banyak cara mengetahui sudah waktunya mengganti mesin cuci. Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (25/5/2024), berikut cara memperpanjang usia mesin cuci.

Baca juga: 6 Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci di Mesin Cuci, Ini Alasannya

Faktor yang mempengaruhi umur mesin cuci

Ilustrasi mesin cuci.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi mesin cuci.
Berbagai merek dan model mesin cuci dibuat dengan cara berbeda dan harapan hidup rata-rata pun bervariasi.

Faktor tambahan, seperti beban berat, sering, dan besar membebani mesin cuci mana pun dapat menyebabkan mesin cuci lebih cepat rusak dibanding mesin cuci yang menggunakan beban lebih ringan.

Granville mengatakan mesin akan bertahan lebih lama jika tidak digunakan setiap hari.

Faktor-faktor yang berhubungan dengan sistem, termasuk kualitas air dan lonjakan listrik, juga turut mempengaruhi umur mesin cuci.

Air sadah dapat meninggalkan endapan mineral yang merusak komponen alat dan sistem pipa yang mengarah ke dan dari mesin cuci. 

Baca juga: Cara Mencuci Bantal Menggunakan Tangan dan Mesin Cuci

Selain itu, tegangan listrik yang tidak teratur akibat pemadaman listrik atau sekring yang putus pada akhirnya dapat merusak mesin cuci.

Pastikan sistem kelistrikan rumah Anda dapat menangani pengoperasian beberapa peralatan secara bersamaan tanpa mengalirkan listrik ke peralatan atau area tertentu di rumah.

Pembersihan rutin juga mempengaruhi berapa lama mesin cuci bertahan dan sering kali memperpanjang masa pakainya, tetapi jangan berlebihan menggunakan bahan pembersih keras.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com